Kemensos bedah 50 rumah di Merak Belantung

id Mensos, khofifah indar parawansa

Kemensos bedah 50 rumah di Merak Belantung

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)


Lampung Selatan (ANTARA Lampung ) - Kementerian Sosial merehab 50 unit rumah tidak layak huni (rutilahu) milik warga miskin di wilayah pesisir Provinsi Lampung.

"Di sini ada 50 rumah yang kita integrasikan dalam program bedah rumah dengan bantuan Rp15 juta per rumah," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Lampung Selatan, Rabu.

Rehab rutilahu tersebut dilaksanakan dalam rangkaian Bedah Desa Pesisir Tahun 2016 bekerja sama dengan TNI AL bersama sejumlah dunia usaha.

Rumah yang dibedah berada di Desa Embe, Merak Belantung, Kalianda Kabupaten Lampung Selatan.

Selain melakukan bedah rumah, Kementerian Sosial juga memberikan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) melalui Kelompok Usaha Bersama (Kube) untuk 500 orang dengan total bantuan lebih dari Rp1,87 miliar.

Juga diserahkan bantuan masing-masing satu unit mobil "rescue", mobil dapur umum lapangan, mobil tangki air dan motor trail untuk Pemkab Lampung Selatan.

Bantuan lain yang diberikan adalah Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 18.004 Keluarga Sangat Miskin (KSM) di Lampung Selatan dengan total bantuan Rp32,8 miliar dan untuk Provinsi Lampung total sebesar Rp286 miliar lebih untuk 146.468 KSM serta beras sejahtera.

Sedangkan TNI AL melakukan bedah tiga unit rumah ibadah, layanan kesehatan, pembangunan satu unit rumah anak bahari, penanaman pohon, perbaikan irigasi dan lainnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, Ketua Umum Jalasenastri Endah Ade Supandi, Gubernur Lampung Ridho Ficardo dan Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan beserta sejumlah unsur lainnya.