Wisatawan makin enggan kunjungi Turki

id Wisatawan makin enggan kunjungi Turki

Wisatawan makin enggan kunjungi Turki

Menurut Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki, lebih 30 juta wisatawan mancanegara mengunjungi negara itu pada Januari - September 2014. (worldbulletin.net)

Ankara (Antara/Reuters) - Jumlah wisatawan asing ke Turki turun 10 persen selama Februari, terbesar dalam satu dasawarsa, kata data, Selasa, dan kekhawatiran atas keamanan menghancurkan sumber pemasukan utama bagi ekonomi negara tersebut.
        
Turki dihantam sejumlah serangan bom sepanjang tahun ini, termasuk dua serangan diduga dilakukan IS di Istambul, kota terbesar tarikan utama wisatawan.
        
Pada Januari, pengebom bunuh diri meledakkan jantung kota bersejarah tersebut, menewaskan 12 wisatawan Jerman.
        
Ketertarikan wisatawan ke Turki dapat turun lebih jauh setelah pengebom bunuh diri meledakkan pusat perbelanjaan ternama Istambul pada bulan ini, menewaskan tiga pelancong Israel dan seorang warga Iran.
        
Pada pekan ini, Israel memperingatkan warganya yang berada di Turki untuk segera pergi, dan memperkirakan kemungkinan adanya serangan lanjutan.
        
Angka wisatawan turun 10,32 persen pada Februari, menjadi 1,24 orang, demikian data Kementerian Pariwisata.
        
Penurunan tersebut merupakan yang terbesar sejak Oktober 2006. Industri pariwisata juga terpuruk akibat mendinginnya hubungan dengan Rusia -sumber utama pemasukan pariwisata bagi Turki- dan jumlah turis asal Rusia turun lebih dari separuhnya sepanjang masa tersebut.
        
Hubungan Moskow dengan Ankara memburuk setelah Turki menembak jatuh jet Rusia di atas Suriah pada 2015.
        
Pengamat ekonomi memperkirakan pemasukan dari pariwisata turun seperempat pada 2016, dengan nilai sekitar 8 miliar dolar AS.

Penerjemah : S Haryati/B Soekapdjo