Ombudsman Minta Bupati Evaluasi Penyebaran Dokter

id puskesmas, ombudsman, bupati lampung selatan, zanuddin hasan

Bandarlampung, (Antara Lampung) - Ombudsman Perwakilan Lampung meminta Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan dapat mengevaluasi penyebaran dokter di pusat kesehatan masyarakat atau puskesmas wilayah setempat.

"Kami menerima pengaduan masih belum meratanya keberadaan dokter di puskesmas, sehingga masih ada yang belum terdapat dokter umum atau spesialis di fasilitas kesehatan tingkat pertama ini," kata Asisten Ombudsman Lampung Dodik Hermanto, di Bandarlampung, Kamis.

Menurut dia, sesuai Permenkes Nomor 75/2014 tentang Puskesmas, setidaknya satu faskes tingkat pertama memiliki satu dokter umum, sehingga pelayanan kesehatan di puskesmas menjadi lebih bermutu.

"Dalam pasal 16 ayat (3) huruf a Permenkes tentang Puskesmas mengatur bahwa jenis tenaga kesehatan di puskesmas paling sedikit terdiri atas dokter atau dokter layanan primer," ujar Dodik.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan investigasi atas aduan tersebut sesuai dengan kewajiban yang diatur dalam pasal 7 huruf d UU No. 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman RI. K

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Ombudsman Lampung Ahmad Saleh David Faranto mengatakan, Tim Ombudsman Lampung sudah melakukan investigasi untuk menindaklanjuti informasi tidak adanya dokter di Puskesmas Lampung Selatan.

"Tim sudah bergerak, dan hasilnya memang benar, ada Puskesmas di Lampung Selatan yang tidak memiliki dokter," ujarnya.

David menjelaskan, berdasarkan hasil investigasi, tidak adanya dokter itu bukan karena tenaga dokter yang kurang di Lampung Selatan, tapi lebih pada penyebaran dokter yang tidak merata.

"Informasi yang kita terima, ada puskesmas yang memiliki dua dokter, khususnya di Puskesmas Lampung Selatan yang dekat dengan perkotaan, sementara puskesmas lain tidak punya dokter sama sekali," kata David.

Hal itu, menurut dia, tentu wajar menjadi pertanyaan dan menjadi keluhan masyarakat.

"Saya mengharapkan agar Bupati dapat mengevaluasi penempatan dokter di puskesmas agar lebih merata, sehingga pelayanan maksimal bagi masyarakat bisa dilaksanakan," kata dia pula.