Pemprov Lampung Dorong Perkembangan Industri Pariwisata

id wagub bachtiar basri, pariwisata lampung, festival krakatau

Pemprov Lampung Dorong Perkembangan Industri Pariwisata

Wakil Gubernur Lampung Bactiar Basri (lampungprov.go.id)

...Pemerintah Provinsi Lampung telah merancangkan even pariwisata Sail Krakatau, dimana kegiatan ini akan dilaksanakan berbarengan dengan Festival Krakatau, ujar Wagub Bachtiar...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus mendorong perkembangan industri pariwisata di daerah itu.

"Untuk itu Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo telah melakukan koordinasi dengan Menteri Pariwisata dan Menko Maritim Republik Indonesia, agar memberi perhatian khusus terhadap potensi perairan yang ada di Lampung," kata Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, di Bandarlampung, Jumat.

Ia menyebutkan pemerintah pusat merespon positif perkembangan industri pariwisata di Lampung. Hal itu ditunjukkan oleh sejumlah menteri di Kabinet Kerja Jokowi yang telah beberapa kali melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung.

Menurutnya, Kemenko Maritim dan Sumber Daya ditugaskan untuk mendorong percepatan pembangunan pada daerah-daerah berpotensi di Indonesia.

Kemenko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli saat berdialog dengan Gubernur Lampung pada Hari Pers (9/2) lalu mengatakan bahwa anggaran untuk perkembangan pariwisata sebenarnya sudah besar, yang tersebar di enam puluh daerah di Indonesia. Tahun ini untuk memaksimalkannya hanya sepuluh daerah saja yang diperkirakan akan cepat pengembangannya.

Rizal Ramli juga mengingatkan bahwa terdapat dua pesan penting yang selalu dikatakan oleh Presiden Jokowi. Pertama even wisata maritim harus dikemas semenarik mungkin, dengan dirancang sedemikian rupa sehingga target dari kegiatan pariwisata tidak hanya dinikmati wisatawan lokal.

Wisata maritim ini, lanjutnya, menjadi magnet bagi wisatawan internasional. Kedua even wisata maritim ini harus dijadikan sebagai upaya guna mempercepat pengembangan wilayah di mana daerah wisata itu berada, jadi tidak sekedar seremonial even semata tetapi momentum tersebut digunakan untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

Gubernur Lampung memaparkan tentang potensi wisata maritim yang ada di Provinsi Lampung, yakni memiliki daerah pantai yang cukup eksotis. Lampung juga memiliki suatu destinasi wisata yang akan terus dikembangkan untuk menjadi level internasional yakni Gunung Anak Krakatau.

"Pemerintah Provinsi Lampung telah merancangkan even pariwisata Sail Krakatau, dimana kegiatan ini akan dilaksanakan berbarengan dengan Festival Krakatau," ujarnya. (Ant)