Warga Lampung Dukung Pembangunan Jalan Tol

id presiden progres tol, tol sabah balau, lampung selatan

Warga Lampung Dukung Pembangunan Jalan Tol

Presiden Joko Widodo memantau progres pembangunana jalam Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, di Desa Sabahbalau, Lampung Selatan, Kamis (11/2). (FOTO ANTARA Lampung/Agus Wira Sukarta)

Sabahbalau, Lampung  (ANTARA Lampung) - Sejumlah warga Lampung mendukung pembangunan jalan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer.

"Kami sambut positif pembangunan jalan tol terutama di kawasan Desa Sabahbalau, Lampung Selatan dan sekitarnya sehingga arus transportasi lancar dan roda perekonomian dapat berjalan baik," kata Kodrat (43) warga Kedaton VII Sabahbalau Kecamatan Tanjungbintang, Lampung Selatan, Kamis.

Ia mengatakan arus transportasi dari Desa Sabahbalau dan sekitarnya menuju pusat kota agak terhambat mengingat kondisi infrastruktur jalan kondisinya kurang bagus.

Selain itu, lanjutnya, aksi kriminalitas seperti pembegalan juga sering terjadi di sekitar kawasan Desa Sabahbalau mengingat daerah itu cukup sepi dan dikelilingi oleh perkebunan karet milik PTPN VII.

Pembangunan jalan tol Trans Sumatera menurutnya, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat mengingat lancarnya arus transportasi menuju pusat kota.

"Di jalan tol itu terdapat beberapa jembatan layang yang menghubungkan kawasan di Desa Sabahbalau menuju pusat kota. Sehingga memudahkan untuk beraktivitas," jelasnya.

Rumi (40) warga Sabahbalau menyatakan menyambut baik pembangunan jalan bebas hambatan di sekitar desanya itu yang dikerjakan sejak beberapa bulan lalu.

Ia menyebutkan saat ini arus transportasi menuju dan dari Desa Sabahbalau sudah cukup ramai meskipun pembangunan jalan tol belum selesai.

Menurutnya, pembangunan jalan tol tersebut dapat membangkitkan roda perekonomian di daerah itu yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani dan buruh.

"Pembangunan jalan tol itu juga dipastikan akan merembet untuk pembangunan infrastruktur jalan di sekitar kawasan tol sehingga dapat memperlancar arus transportasi," jelasnya.

Ia mengharapkan pembangunan jalan tol tersebut dapat selesai tepat waktu sehingga masyarakat dapat menikmati manfaatnya terutama untuk kelancaran arus transportasi.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi pembangunan jalan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, di Desa Sabahbalau, Lampung Selatan.

Kunjungan kelima kalinya Presiden ke Lampung itu guna memantau progres pembangunan jalan tol di kawasan itu dan diharapkan selesai pada Juni 2018 mendatang.

"Pengerjaan tol Trans Sumatera di Lampung khususnya di Desa Sabahbalau paling cepat disusul daerah lainnya seperti di Sulawesi," kata Presiden Joko Widodo, di Sabahbalau, Lampung Selatan, Kamis.

Ia menyatakan gembira bahwa progres pembangunan jalan tol Trans Sumatera di Lampung cukup baik dan hingga sekarang telah mencapai beberapa kilometer pembangunannya.

Joko Widodo yang didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo serta sejumlah pejabat lainnya menyatakan telah lima kali mengunjungi Lampung.

"Saya memantau perkembangan jalan tol untuk yang ketiga kalinya di Desa Sabahbalau ini," ujarnya.

Di sisi lain, pemerintah juga telah menyiapkan anggaran sekitar Rp1,2 triliun untuk sisa ganti rugi lahan di Lampung.

"Pak Gubernur Lampung telah meminta kepada saya untuk mempercepat proses pencairan dana untuk lahan pembangunan jalan tol tersebut," tambahnya.

Presiden Joko Widodo juga menyatakan beberapa ruas jalan tol akan diujicobakan untuk dilalui kendaraan pada arus mudik mendatang.(Ant)