Jalan Tol Dapat Dilalui Arus Mudik

id presiden jokowi, jalan tol trans sumatera, bisa dilalui arus mudik, tol sabahbalau

Jalan Tol Dapat Dilalui Arus Mudik

Para pekerja sedang mengerjakan jembatan simpang susun Tol Trans Sumatera di wilayah Sabahbalau, Lampung Selatan (FOTO ANTARA Lampung/Agus Wira Sukarta)

Sabahbalau, Lampungb  (ANTARA Lampung) - Jalan tol Sumatera sepanjang 7 km antara Jalan Ir Sutami menuju Kotabaru, Lampung Selatan atau sebaliknya dapat digunakan menjelang arus mudik lebaran mendatang.

"Bulan Maret 2016 target gerbang tol selesai, sehingga dapat digunakan untuk mengantisipasi macet pada arus mudik mendatang. Kami akan membuka gerbang tol di dua lokasi itu," kata Manajer Enginer PT Waskita Karya, Marsesa Edward, di Sabahbalau, Lampung Selatan, Kamis.

Ia menyebutkan, pihaknya telah mengerjakan sepanjang 4 km jalan tol dari 5 km lahan yang telah dibebaskan.

Menurutnya, target penggunaan jalan tol untuk arus mudik itu dapat diselesaikan mengingat PT Waskita Karya dapat mengerjakan jalan tol 200-300 meter dalam sehari.

Penggunaan jalan tol untuk arus mudik itu khusus untuk kendaraan pribadi, bukan untuk truk barang atau pun bus.

"Permasalahannya lahan yang belum dibebaskan, kami baru mengerjakan 4 km dari 5 km lahan yang telah dibebaskan," jelasnya.

Ia mengharapakan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pihak terkait dapat segera membebaskan lahan untuk pembangunan jalan tol.

Sehingga pengerjaan jalan tol Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi dapat selesai tepat waktu.

PT Waskita Karya mendapatkan proyek mengerjakan jalan tol sepanjang 40,6 km dan diperkirakan selesai pada Desember 2017. (Ant)