Darmajaya Bekali Mahasiswa dengan Pelatihan "Soft Skill"

id Darmajaya Bekali Mahasiswa dengan Pelatihan Soft Skill, ibi darmajaya sof skil

Darmajaya Bekali Mahasiswa dengan Pelatihan "Soft Skill"

Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya, Lampung memberikan pelatihan "soft skill" kepada mahasiswanya agar siap menghadapi persaingan di dunia kerja,Sabtu (6/2) (FOTO ANTARA Lampung/humas IBI Darmajaya)


Bandarlampung,(ANTARA Lampung) – Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya, Lampung memberikan pelatihan "soft skill" kepada mahasiswanya agar siap menghadapi persaingan di dunia kerja,

Kegiatan yang diikuti puluhan mahasiswa semester akhir tersebut menghadirkan Branch Manager PT Tunas Dwipa Matra (TDM) Raden Intan Bandarlampung, Suryanto, SE, dosen IBI Darmajaya, dan Dedi Putra, SE., MS.Ak, sebagai pemateri, Sabtu (6/2).

Suryanto mengatakan, bekerja keras dan pantang menyerah menjadi hal yang harus dimiliki seseorang untuk mampu bersaing di dunia kerja. Menurutnya, kesuksesan tidaklah mungkin bisa diraih bagi individu yang memiliki etos kerja rendah, tidak kreatif, dan mudah berputus asa.

“Wisuda bukan berarti sebuah akhir perjuangan mahasiswa, melainkan langkah awal untuk mewujudkan mimpi. Agar sukses berkarier di dunia kerja maupun berwirausaha, keduanya membutuhkan perjuangan, rasa percaya diri, dan kreativitas,” ujar lulusan Manajemen IBI Darmajaya tahun 2012.

Kepala UPT Pelatihan, Melda Agarina, S.Kom., MTI., MOS mengatakan, pelatihan "soft skill" diselenggarakan dengan tujuan mempersiapkan mahasiswa semester akhir IBI Darmajaya dengan kemampuan "soft skill" untuk mampu menghadapi dunia kerja. Materi yang disampaikan pada pelatihan tersebut di antaranya, motivasi karier, manajemen diri, membuat curriculum vitae, surat lamaran kerja, dan persiapan tes penerimaan kerja.

“Kami menyadari bahwa persaingan dunia kerja saat ini begitu sulit. Karenanya kami membekali mahasiswa yang akan diwisuda untuk mempersiapkan diri tidak hanya pengetahuan akademik saja, tetapi juga dengan kemampuan 'soft skill' untuk menjadi lulusan yang berkualitas, dan berdaya saing,” terangnya.

Melda menambahkan, pelatihan "soft skill" diselenggarakan IBI Darmajaya setiap semester dan untuk kali kedua IBI Darmajaya menggandeng pihak eksternal yakni PT Tunas Dwipa Matra untuk menjadi pemateri pada pelatihan tersebut.

“Kehadiran alumni IBI Darmajaya yang telah sukses menjadi Branch Manager PT TDM ini diharapkan menjadi motivasi bagi para mahasiswa agar mereka juga bisa meningkatkan kompetensi, kualitas diri, dan mampu bersaing di dunia kerja,” harapnya.(*)