Wapres Dijadwalkan Kunjungi Lampung

id Sekdaprov lampung, arinal djunaidi, wakil presiden,

Wapres Dijadwalkan Kunjungi Lampung

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi (ANTARA Lampung/lampungprov.go.id)

...Wapres dan rombongan dijadwalkan bersama Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo mengunjungi PT Nestle di Jl Raya Bakauheni KM 13 Srengsem, Bandarlampung, dan berdialog dengan masyarakat mulai dari petani, UKM, pelaku usaha dan koperasi juga diharapkan d
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung, Sabtu (13/2), dengan agenda antara lain berdialog dengan masyarakat pelaku ekonomi setempat.

"Wapres dan rombongan dijadwalkan bersama Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo mengunjungi PT Nestle di Jl Raya Bakauheni KM 13 Srengsem, Bandarlampung, dan berdialog dengan masyarakat mulai dari petani, UKM, pelaku usaha dan koperasi juga diharapkan dapat memanfaatkan forum tersebut," kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi di Bandarlampung, Selasa.

Selain mengunjungi PT Nestle yang berada di Panjang, Wakil Presiden juga akan silaturahim ke Kantor Gubernur. Acara juga akan dihadiri Forkopimda serta jajaran SKPD guna berdiskusi mengenai progres pembangunan di Lampung. Diskusi juga terkait pertumbuhan ekonomi, pertanian, perkebunan, dan geliat pariwisata di Provinsi Lampung.
Ia menyebutkan kunjungan Wapres sangat berkaitan dengan perkembangan dunia usaha dalam meningkatkan perekonomian masyarakat secara luas. Untuk itu keberadaan PT Nestle di Lampung, harus memberi manfaat pula bagi kesejahteraan petani kopi di daerah ini.

"Karena kita ketahui bersama kopi kita telah banyak di ekspor keluar negeri," ujar Sekda.

Realisasi ekspor biji kopi robusta Lampung pada Desember 2015 mencapai 30,5 juta dolar Amerika Serikat dengan volume 12.046,3 ton.

"Nilai ekspor biji kopi robusta Lampung naik dari nilai ekspor pada bulan November 2015, sedangkan volumenya turun," kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung Ferynia.

Ia menyebutkan realisasi ekspor biji kopi asal Lampung pada November 2015 mencapai 14.351 ton senilai 24,4 juta dolar Amerika Serikat. Ekspor biji kopi Lampung masih terus berlangsung mengingat daerah ini merupakan penghasil biji kopi robusta terbesar di Tanah Air.

Selain mengekspor biji kopi robusta, Provinsi Lampung juga mengekspor biji kopi arabika meski tidak sebanyak robusta. Dalam data Dinas Perdagangan Provinsi Lampung, disebutkan, ekspor biji kopi robusta daerah itu menuju beberapa negara, terutama di kawasan Eropa dan Asia.

Lampung merupakan pemasok kopi robusta terbesar di Tanah Air dengan produksi rata-rata 100.000--131.000 ton per tahun dengan luas areal kopi mencapai 173.670 hektare.

Produktivitas kopi Lampung 900 kilogram per hektare dengan sentra produksi di Kabupaten Lampung Barat 65.010 hektare, Tanggamus 43.897 hektare, dan 22.594 hektare lainnya tersebar di Kabupaten Waykanan, Lampung Utara, Pringsewu, dan Pesawaran. (Ant)