HPN Momentum Ingatkan Kembali Keberadaan Pers

id Hari pers nasional, hpn 2016, ketua pwi lampung timur, edi efry andi

Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Timur, Edi Efri Andi, menyatakan Hari Pers Nasional yang diperingati setiap 9 Februari, merupakan momentum untuk mengingat kembali kelahiran dan keberadaan pers di tengah masyarakat.

"Peringatan Hari Pers Nasional ini adalah momentum untuk mengingat kembali eksistensi pers di tengah masyarakat," ujar Andi, saat dihubungi dari Lampung Timur, Selasa, saat tengah menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Mataram, NTB.

Menurut Andi, peringatan Hari Pers Nasional juga mengingatkan kembali betapa penting pers, karena menjadi jembatan informasi antara masyarakat dengan pemerintah dan begitupula sebaliknya.

Selain itu, menurutnya, pers juga berperan sebagai lembaga pengawasan dan kontrol sosial di tengah masyarakat.

Perayaan HPN dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibu kota provinsi seluruh Indonesia.

Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2016 diselenggarakan di Mataram, NTB, 5--10 Februari.

Dalam Peringatan HPN tahun ini, salah satu maknanya bagi kalangan pers dan bangsa Indonesia adalah tentang peran dan keberadaan pers sebagai salah satu pilar demokrasi.

Di Lampung saat ini keberadaan wartawan sempat kembali menjadi sorotan publik, menyusul kasus sejumlah kepala sekolah di Kabupaten Lampung Tengah berbondong-bondong menyatakan mundur, karena merasa terancam atas ulah oknum wartawan dan yang mengaku LSM kerap mengancam dan memeras mereka.

Kasus itu menjadi perhatian sejumlah pihak, termasuk organisasi pers di Lampung yang mendesak pihak kepolisian segera menindak tegas pelaku pemeras para kepala sekolah dan guru di Lampung Tengah itu, agar dapat diproses hukum sebagaimana mestinya. (Ant)