Barca unggul tiga angka di puncak klasemen Liga Spanyol

id tim barca, klasemen liga spanyol

Barca unggul tiga angka di puncak klasemen Liga Spanyol

Barcelona meraih kemenangan 2-0 di markas Levante dan mendapatkan kembali keunggulan tiga angka mereka di puncak klasemen Liga Spanyol (ist)

Madrid (Antara/Reuters/ANTARA Lampung) - Barcelona meraih kemenangan 2-0 di markas Levante dan mendapatkan kembali keunggulan tiga angka mereka di puncak klasemen Liga Spanyol, ketika Real Madrid terus memburu mereka dengan kemenangan 2-1 di kandang Granada.

Juara bertahan Barcelona, di mana Luis Suarez membukukan gol ke-36 nya musim ini, menyamai rekor klub yakni 28 pertandingan tanpa kekalahan yang diukir pada musim 2010/2011 di bawah asuhan Pep Guardiola. Mereka kini telah meraih 23 kemenangan dan lima kali bermain imbang.

Tim peringkat ketiga Real masih terpaut empat angka dari Barca dan satu angka dari Atletico Madrid, setelah gol larut Luka Modric mengamankan kemenangan mereka atas Granada.

Bagaimanapun, Valencia yang dilatih Gary Neville, kembali menelan kekalahan, takluk 0-1 dari tuan rumah Real Betis untuk memperpanjang laju tanpa kemenangan mereka menjadi 12 pertandingan dan sembilan pertandingan di bawah mantan pemain Manchester United Neville.

"Saya tidak berpikir kami layak kalah pada pertandingan hari ini," kata Neville, yang menghadapi pertanyaan seputar pekerjaannya saat timnya menuju zona degradasi.

"Bagi saya sudah jelas bahwa kami lebih baik dari beberapa tim yang kami hadapi, hanya saja hasil-hasilnya tidak menguntungkan kami," ucapnya kepada para pewarta.

"Ini akan berubah, saya tidak percaya bahwa jika kami bermain seperti ini maka kami tidak akan mendapatkan kemenangan." Tim juru kunci Levante mungkin setidaknya layak mendapatkan satu angka dengan penyelesaian yang lebih baik saat melawan Barca, yang berada dalam suasana hati yang bagus setelah menghancurkan Valencia dengan skor 7-0 di Piala Raja pada Rabu.

Bek Levante David Navarro membuat Barca unggul pada menit ke-21 ketika ia membelokkan umpan silang Andres Iniesta yang ditujukan ke Lionel Messi untuk masuk ke gawangnya sendiri.

Tim tamu harus menunggu sampai menit kedua masa tambahan waktu untuk mengamankan hasil mereka, ketika Suarez menuntaskan serangan balik cepat dengan gol ke-20nya di liga, ketika Levante mencoba untuk menyamakan kedudukan dan membuat pertahanan mereka mengendur.

Barcelona, dengan satu pertandingan yang belum dimainkan, memiliki 54 angka, sedangkan Atletico 51 angka setelah menang 3-1 atas Eibar pada Sabtu. Real Madrid mengoleksi 50 angka.

Sudut atas Karim Benzema membawa Real memimpin pada menit ke-30 di markas Granada ketika Dani Carvajal mendapati ia tidak terkawal di tengah kotak penalti, untuk mencetak gol ke-19nya di liga, kurang satu gol dari Suarez dan selevel dengan rekan setimnya Cristiano Ronaldo.

Granada mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-30 melalui tembakan pemain pengganti Youssef El Arabi yang melewati sela-sela kaki kiper Keylor Navas dari sisi kanan.

Real memerlukan momen inspirasi untuk mengatasi ketangguhan Granada dan Modric memberikannya dengan melepaskan sepakan dari tepi kotak penalti menuju sudut atas gawang, untuk menjadi gol perdananya di liga musim ini lima menit sebelum pertandingan usai.

Penyerang Betis Ruben Castro mencetak satu-satunya gol di Sevilla saat babak kedua baru berlangsung empat menit, ketika mereka mengakhiri laju sembilan pertandingan tanpa kemenangan di liga terhitung sejak meraih kemenangan di markas Levante pada November.

Valencia mengakhiri pertandingan dengan sepuluh pemain setelah bek kiri Jose Luis Gaya diusir keluar lapangan akibat pelanggarannya terhadap pemain pinjaman asal Belgia Charly Musonda pada menit ke-85.

Pasukan Neville turun ke peringkat ke-13 di klasemen, satu posisi di bawah Betis di mana keduanya mengoleksi 25 angka.

Sevilla, yang harus kehilangan bek Argentina Federico Fazio akibat menerima kartu kuning kedua pada pertandingan pertamanya sejak kembali dari Tottenham Hotspur sebagai pemain pinjaman, bermain imbang 1-1 di markas Celta Vigo.

Sevilla, yang menghancurkan Celta dengan skor 4-0 pada pertandingan leg pertama semifinal Piala Raja pada Kamis, membuka keunggulan melalui Daniel Carrico pada menit ke-43.

Celta menyamakan kedudukan pada menit ke-64 melalui gol Claudio Beauvue, yang mengonversi umpan silang Daniel Wass dari sisi kiri, namun gempuran mereka terhadap gawang Sevilla pada 15 menit terakhir gagal menjadi gol kemenangan.

Sevilla tetap menghuni peringkat kelima dengan 37 angka, unggul dua angka dari tim peringkat kesepuluh Celta.