Pakar: Guru harus dikembalikan sebagai profesi bermartabat

id pakar pendidikan, fasli faisal

Pakar: Guru harus dikembalikan sebagai profesi bermartabat

Prof. Fasli Jalal (ist)

...Guru harus kita kembalikan sebagai sebuah profesi yang bermartabat, apapun level kompetensinya jangan dipermasalahkan, ujar Fasli...
Jakarta  (ANTARA Lampung) - Pakar pendidikan Prof Fasli Jalal mengatakan tantangan terbesar pada pendidikan di Indonesia adalah guru, karena itu guru harus dikembalikan sebagai profesi yang bermartabat.

"Guru harus kita kembalikan sebagai sebuah profesi yang bermartabat, apapun level kompetensinya jangan dipermasalahkan," ujar Fasli pada seminar nasional tentang pendidikan di Jakarta, Sabtu.

Seminar dengan tema "Pendidikan Islam Menghadapi Tantangan Global" tersebut diselenggarakan oleh Jaringan Sekolah Islam Terpadu.

Tingkat pendidikan di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan negara-negara lain terlebih lagi dengan format pendidikan di Indonesia yang lebih banyak menghafal dari pada peningkatan kreativitas siswa.

Dia mengatakan, hasil belajar memang ditentukan oleh karakter siswa tapi juga guru sangat berpengaruh bagi pendidikan siswa.

"Guru yang baik bisa menyebabkan anak dengan nilai rata-rata bisa naik sampai nilai yang ideal. Guru yang kurang baik menyebabkan anak yang standarnya ditengah-tengah bisa mundur jadi 50 persen dipengaruhi oleh guru," jelasnya.

Karena itu mulai dari perekrutan mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu keguruan sampai nanti sertifikasi harus benar-benar dijalankan sebaik-baiknya.

"Karena itu mari kita duduk bersama mereka, mendukung rencana mereka. Sama-sama melihat agenda untuk meningkatkan kompetensi mulai dari antara sekolah sampai ke tingkat lebih tinggi," ujarnya. (Ant)