Pemprov Lampung Dukung Penataan Perajin Batu Akik

id sentra batu akik, pemprov lampung, pembangunan kios, pkor way halim, adeham batu akik

Pemprov Lampung Dukung Penataan Perajin Batu Akik

Asisten Bidang Ekbang, Adeham (ANTARA Lampung/lampungprov.go.id)

...Pembangunan penataan sarana perajin dan pedagang batu akik akan dikelola oleh Koperasi Sutrawa Bandarlampung, kata Adeham...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Bandarlampung mendukung rencana pembangunan penataan sarana perajin dan pedagang batu akik.

"Untuk melaksanakan program tersebut Kementerian Koperasi dan UKM RI telah merealisasikan dana bantuan sosial untuk pembangunan penataan sarana perajin dan pedagang batu akik yang akan dikelola oleh Koperasi Sutrawa Bandarlampung," kata Asisten Bidang Ekbang, Adeham, di Bandarlampung, Jumat.

Ia menyebutkan, lokasi pembangunan kios pedagang dan perajin batu akik rencananya didirikan di tanah milik Pemerintah Provinsi Lampung yang terletak di Jl. Terusan Alamsyah Ratu Prawira Negara Kawasan PKOR Way Halim Bandarlampung seluas kurang lebih 500 m2.

Koperasi Sutrawa, lanjutnya, siap membangun 50 unit kios batu akik di Kawasan PKOR Way Halim Bandarlampung dengan spesifikasi yang telah ditentukan di bawah pengawasan Dinas Koperindag Kota Bandarlampung dan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung.

Adeham menjelaskan, pembangunan kios untuk pedagang dan perajin batu akik itu berdasarkan Surat Gubernur Lampung No. 503/2860.a/III.11/2015 tanggal 6 November 2015 tentang Dukungan dan Izin Penggunaan Lahan untuk PKL dan Surat Walikota Bandarlampung No. 510/1051/IV.36/2015 Tanggal 5 November 2015 perihal Rekomendasi.

Perwakilan dari Pol PP Kusnul Karomi menjelaskan bahwa berdasarkan rapat koordinasi yang dilaksanakan sebelumnya dihasilkan keputusan bahwa pelaksanaan pembangunan kios akan dimulai setelah pihak Pol PP Provinsi Lampung mensetrilkan pedagang kaki lima liar yang menempati lahan lokasi pembangunan kios.

"Diharapkan pembangunan kios tersebut tidak ada halangan dan berjalan sesuai harapan," jelasnya.(Ant)