Korem Gatam kirim personel pascakerusuhan Lampung Utara

id korem gatam kirim personil, kerusuhan lampung utara

...Kami sudah mengirimkan satu kompi pasukan guna membantu pengamanan daerah tersebut guna menghindari konflik susulan," kata Prabowo...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Komando Resort Militer 043 Garuda Hitam Lampung mengirimkan sebanyak 100 personel guna melakukan pengamanan pascaterjadinya pembakaran rumah warga di Desa Sukadana Udik, Kecamatan Bunga Mayang, Lampung Utara.

"Kami sudah mengirimkan satu kompi pasukan guna membantu pengamanan daerah tersebut guna menghindari konflik susulan," kata Kepala Penerangan Komando Resort Militer (Korem) 043 Gatam, Mayor Ch Prabowo, di Bandarlampung, Selasa.

Menurut dia, Korem menurunkan anggota Batalyon 143 Triwira Eka Jaya, bersama anggota Kodim Lampung Utara ke lokasi kejadian.

"Pengiriman personel ini sebagai upaya jajaran TNI memberikan rasa aman bagi masyarakat yang ada di daerah tersebut," katanya.

Komandan Batalyon dan intelijen juga sudah diturunkan untuk ikut menjaga situasi agar tidak sampai memicu kerusuhan susulan antarwarga setempat.

Selain membantu pihak kepolisian, kata dia, pihaknya juga siap untuk memberikan bantuan tenaga dalam upaya pembenahan rumah warga yang rusak akibat dibakar massa.

Ia mengatakan, tentara yang bertugas itu kini bersama anggota Forkompinda Lampung Utara dan tokoh masyarakat di sana terus berupaya menjaga agar tidak sampai terjadi kerusuhan susulan antarwarga.

"Sebenarnya kejadian itu karena selisih paham yang dibesar-besarkan. Selagi masih bisa dimusyawarahkan, seharusnya dilakukan langkah musyawarah, tidak main hakim sendiri," katanya.

Negara ini memiliki hukum, kalau memang ada indikasi penemuan mayat itu karena dibunuh serahkan saja ke polisi pasti ada tindak lanjutnya.

"Serahkan aja kasus dugaan pembunuhan tersebut kepada polisi, pasti nanti pembunuhnya akan ditangkap kalau memang warga setempat pelakunya," kata dia.

Prabowo berharap situasinya segera kondusif sehingga masyarakat dapat melanjutkan aktifitas seperti sebelumnya.(Ant)