Ketika Menteri Anies mencari tongsis

id mendikbud anies sosok, ketika menteri anies mencari tongsis, selfie

Ketika Menteri Anies mencari tongsis

Mendikbud Anies Baswedan ( ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

...Izinkan saya "selfie". Ada yang bawa tongsis (tongkat narsis)? tanyanya di hadapan puluhan siswa SD, SMP, dan SMA yang hadir dalam acara tersebut...
Jakarta  (ANTARA Lampung) - Ada yang berbeda dalam kunjungan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan saat mencanangkan antikekerasan atau sekolah aman di SMAN 8 Tangerang Selatan, Banten, Senin.

"Izinkan saya "selfie". Ada yang bawa tongsis (tongkat narsis)?" tanyanya di hadapan puluhan siswa SD, SMP, dan SMA yang hadir dalam acara tersebut.

Namun ternyata tak seorang pun siswa yang membawa tongsis. Alhasil, Mendikbud tetap ber"selfie" ria dengan puluhan siswa tanpa bantuan tongsis. Bahkan Mendikbud sendiri yang memegang ponsel saat ber"selfie" ria.

Berbeda dengan menteri-menteri lainnya, berfoto bersama dengan suasana lebih akrab seakan menjadi ritual wajib dalam setiap acara kunjungan Mendikbud ke-26 itu.

Jika Mendikbud periode sebelumnya pasif dan hanya menanti aba-aba untuk foto bersama, menteri bernama lengkap Anies Rasyid Baswedan itu justru sebaliknya dan tak segan-segan mengajak para hadirin untuk berfoto bersama.

Dalam pencanangan gerakan antikekerasan itu, terdapat tiga komponen pendekatan penanganan kekerasan pada anak di sekolah yakni penanggulangan, pemberian sanksi, dan pencegahan.

Pada tahap penanggulangan, mengharuskan sekolah, guru, dan pemerintah secara sigap dan tertata melakukan segala langkah penanggulangan terhadap tindak kekerasan yang telah dan sedang terjadi.

Kemudian pada tahap pemberian sanksi yakni regulasi yang dibuat dengan tegas mencantumkan sanksi untuk pelaku tindak kekerasan atau pelaku pembiaran tindak kekerasan.

Pada tahap pencegahan, mengharuskan sekolah, guru dan pemerintah daerah untuk menyusun langkah pencegahan tindak kekerasan, termasuk penyusunan prosedur antikekerasan dan pembuatan kanal pelaporan. (Ant)