BI Lakukan Persiapan Sistem Pembayaran Hadapi Natal

id bi, bank indonesia

Bandarlampung, 24/12 (Antara) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung telah melakukan persiapan, khususnya di sektor pembayaran untuk menghadapi Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.

"Selain itu, kami juga telah siap dengan adanya libur panjang, libur sekolah dan kegiatan tutup buku," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, M Emil Akbar, di Bandarampung, Kamis.

Ia menyebutkan pada sistem pembayaran tunai, BI Lampung telah meningkatkan persediaan dalam rangka pemenuhan kebutuhan perbankan dan masyarakat.

Libur panjang akhir pekan yang akan terjadi dalam dua pekan, lanjutnya, telah diantisipasi dengan melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak perbankan terkait rencana kebutuhan kas selama Desember 2015.

Hingga November 2015, BI Lampung masih mencatatkan net-inflow dari perbankan. Dalam artian bahwa uang kartal yang masuk dari perbankan masih lebih tinggi dibandingkan jumlah uang kartal yang dikeluarkan perbankan.

"Untuk Desember diperkirakan akan sebaliknya, uang kartal masuk dari perbankan relatif menurun seiirng dengan meningkatnya kebutuhan kas perbankan hampir dua kali lipat dari kebutuhan kas sebelumnya," jelasnya.

Emil menyebutkan, untuk mengantisipasi tingginya penarikan nasabah, khususnya rekening pemerintah adanya motif berjaga-jaga dalam rangka pemenuhan layanan penarikan tunai nasabah, khususnya melalui ATM, berdampak pada peningkatan kebutuhan uang kartal bank.

"BI Lampung telah menyiapkan persediaan uang kartal dalam jumlah yang cukup dan memadai baik sektor total maupun per denominasi," tambahnya.***3***