Gemarikan Lambar tingkatkan mutu SDM

id Gemarikan Lambar tingkatkan mutu SDM, GEMARIKAN, lambar

  Gemarikan Lambar tingkatkan mutu SDM

Pencanangan Gemarikan, di Lampung Barat. (istimewa/dok humas lambar)

Lampung Barat (ANTARA Lampung)- Pemerintahan Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Perikanan bekerjasama dengan TP PKK menggelar Acara Lomba Gemar Makan Ikan (Gemarikan), yang dilakasanakan di SMAKN 1 Liwa.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Lambar Drs H. Mukhlis Basri MM, Wakil Bupati Drs.H Makmur Azhari, Ketua TP PKK Dra. Helwiyati Komala Dewi, Wakil Ketua TP PKK, Ketua Darma Wanita,  para Asisten Dan Staf Ahli Bupati, Unsur Forkopimda, dan Kepala Sekolah serta siswa-siswi SMKN 1 Liwa.

Bupati Lampung Barat Drs.H. Mukhlis Basri MM., mengatakan gerakan memasyarakatkan makan ikan melalui pemberian makanan tambahan bagi anak sekolah, disamping merupakan upaya meningkatkan status gizi masyarakat terutama anak-anak sekolah juga merupakan salah satu mata rantai penyerapan hasil  perikanan yang diproduksi oleh masyarakat.

Selanjutnya, kata dia, pembangunan sektor perikanan diarahkan untuk memenuhi 3 (tiga) pilar yang saling berintegrasi yakni kedaulatan, keberlanjutan, dan kemakmuran.  Peran penting sektor perikanan dalam pembangunan Indonesia secara menyeluruh baik aspek ekonomi, politik, sosial, budaya, pangan, pelestarian lingkungan maupun sumber daya manusia Indonesia.

Dia menjelaskan,  seiring dengan peningkatan produksi perikanan, maka konsumsi ikan oleh masyarakat sangat penting dipacu pertumbuhannya  antara lain melalui optimalisasi pasar ikan, mendorong tumbuhnya rumah makan yang meyediakan masakan berbahan baku ikan dan meningkatkan peran para ahli masak profesional dalam menciptakan menu olahan ikan serta menggugah minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

“Karena itulah pembangunan sektor perikanan memegang peranan penting antara lain dalam penyediaan sumber protein untuk pemenuhan gizi masyarakat yang akhirnya menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dengan dukungan dari seluruh komponen masyarakat sangat diperlukan dalam rangka mewujudkan Indonesia yang sehat, cerdas dan sejahtera," katanya.

Selain itu, lanjut Bupati, ikan mengandung  gizi yang tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, kandungan lemak dan protein yang terdapat pada ikan sangat bermanfaat untuk mencegah kolesterol karena ikan mengandung kolesterol yang rendah, juga dapat meningkatkan pembentukan sel-sel otak yang sangat baik pada masa pertumbuhan anak-anak.
 
Selanjutnya pihaknya juga menyampaikan gerakan memasyarakatkan makan ikan ini sebagai wujud kegiatan yang bertujuan untuk membangun rasa kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi yang terkandung dalam ikan sebagia asupan tubuh.

“Saya berharap program ini akan dapat meningkatkan tingkat konsumsi ikan dengan cara menyediakan produk olahan ikan yang disukai oleh anak-anak dengan harga yang terjangkau.  Oleh karena itu saya mengajak kepada semua  untuk setiap hari mengkonsumsi ikan," katanya.
 
Selanjutnya Bupati juga mengatakan Selain acara lomba gemarikan juga kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi kepada siswa siswi SMKN I Liwa.
”Anak-anakku sekalian pada kesempatan ini saya senang sekali bisa
Sementara itu dalam laporannya Ketua Forum Ikan, Helwiyati menyampaikan tujuan diadakan acara ini yaitu membangun rasa kesadaran masyarakat atas pentingnya gizi dalam tubuh.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 1000 siswa dengan tujuan agar dapat mensosialisasikan gemar ikan dalam keluarga dan lingkungan sosial.

Kepala Dinas Perikanan Lampung Barat Ir. Natajudin Amran Nata mengatakan,  gemar makan ikan akan sangat bermanfaat bagi kesehatan karena ikan ini banyak mengandung omega 3 yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak dan perkembangan anak-anak, memelihara kesehatan mata serta menurunkan kadar kolesterol tinggi, selain itu juga gemar ikan ini juga untuk menambah pengetahuan generasi muda tentang pentingnya makan ikan minimal tiga kali dalam seminggu dan akan lebih baik jika dikonsumsi setiap hari, dianjurkan jenis ikan yang dikonsumsi yakni ikan lele, tuna dan nila.

Dalam pencanangan tersebut secara simbolin diawali dengan pemotongan tumpeng oleh  Wakil Bupati Lambar Drs. Makmur Azhari dan pemotongan pertama di serahkan kepada Ketua Forum Gemarikan Dra. Helwiyati Komala Dewi. (rls/hms lambar)