Rupiah melemah jadi rp14.062

id Rupiah melemah jadi rp14.062, rupiah, dolar

Rupiah melemah jadi rp14.062

Ilustrasi Rupiah Melemah. Petugas menghitung mata uang dolar AS di salah satu tempat penukaran mata uang asing di Jakarta, Jumat (16/10/15). ( ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

   
Jakarta, (Antara Lampung) - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin pagi, bergerak melemah sebesar 70 poin menjadi Rp14.062 dibandingkan posisi sebelumnya di posisi Rp13.992 per dolar AS.

Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta di Jakarta, Senin mengatakan bahwa nilai tukar rupiah kembali mengalami tekanan terhadap dolar AS bersama dengan kurs lain di kawasan Asia seiring dengan semakin dekatnya rencana bank sentral AS (The Fed) menaikan suku bunga acuannya (Fed fund rate).

"Walaupun kenaikan 'Fed fund rate' sudah diperkirakan, ketidakpastian masih menyelimuti pasar keuangan global mengenai seberapa cepat kenaikannya, jika agresif bisa memberikan efek 'negative shock' yang lebih hebat," ucapnya.

Selain fokus ke pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada 15-16 Desember nanti, lanjut dia, pelaku pasar uang di dalam negeri juga menanti rilis data neraca perdagangan Indonesia periode November 2015 serta kebijakan Bank Indonesia terhadap tingkat suku bunga acuan (BI rate).

Ia mengatakan bahwa neraca perdagangan diperkirakan menipis surplusnya menyusul harga komoditas dunia yang masih tertekan dan aktivitas impor yang meningkat menjelang akhir tahun. BI rate juga diperkirakan sulit turun jika suku bunga AS naik walaupun Bank Indonesia sudah memberikan sinyal pelonggaran moneter.

"Di tengah situasi itu, secara umum ruang penguatan dolar AS masih terbuka," tuturnya.

Analis pasar uang dari PT Platon Niaga Berjangka Lukman Leong mengharapkan bahwa ada kepastian kebijakan dari bank sentral Amerika Serikat mengenai rencana kenaikan suku bunga acuannya. Bank sentral Amerika Serikat diprediksi akan menaikan suku bunga di pertemuan FOMC pada 15-16 Desember nanti.

"Saat ini investor cenderung menahan diri untuk masuk ke aset mata uang berisiko menjelang pertemuan FOMC," ujarnya.