Pemprov Lampung Sambut Baik Tol Digunakan Mudik

id jalan tol, jtts, adeham, mudik, lampung

Pemprov Lampung Sambut Baik Tol Digunakan Mudik

Adeham(istimewa)

Bandarlampung, 8/12 (Antara) - Pemerintah Provinsi Lampung menyambut baik perkembangan pembanguan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) terutama ruas Bakauheni dan Sabahbalalu, yang diprediksikan dapat dilalui kendaraan pada arus mudik Lebaran 2016.

"Kita optimistis JTTS ruas Bakauheni dan Sabahbalalu dapat selesai sebelum Hari Raya 2016 , dengan menerapkan ``gate to gate` antara kilometer 0 sampai 8 di Bakauheni dan 72 sampai 80 di sekitar Jalan Sutami Panjang hingga Sabahbalau," kata Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setprov Lampung Adeham, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan bahwa pengoperasian JTTS ini memang lebih cepat, untuk memecah kemacetan yang sering terjadi pada arus mudik dan balik Lebaran.

Selain itu, setiap pengendara yang ingin menggunakan JTTS pada 2016 tidak dikenakan biaya alias gratis guna kelancaran arus mudik mendatang.

Ia mengaku progres pembangunan jalan tol sudah cukup baik, terutama di sekitar kawasan Sabahbalau, Lampung Selatan, yang dinilai sangat cepat pengerjaannya. Sedangkan di daerah Bakauheni masih akan dilakukan penimbunan terlebih dahulu.

"Khusus di daerah Bakauheni sudah dilakukan pembebasan lahan dan pengosongan kawasan, tetapi masih akan dilakukan penimbunan terlebih dahulu karena struktur tanahnya bergelombang," ujarnya.

Adeham menjelaskan untuk uang ganti rugi (UGR) Bakauheni STA 0+000 hingga STA 1+025 mencapai Rp91,5 miliar, Bakauheni STA 1+025 sampai STA 3+625 mencapai Rp63,5 miliar, Sabahbalau STA 75+950 hingga 77+100 mencapai Rp54,4 miliar.

Uang ganti rugi Sabahbalau STA 77+100 hingga STA 80+000 mencapai Rp23,5 miliar.

"Keseluruhan uang ganti rugi yang telah dibayarkan mencapai Rp233 miliar lebih," katanya.

Ia menambahkan, uang ganti rugi lahan warga yang mencapai 2.100 hektare mencapai Rp3 triliun lebih itu dari Bakauheni, Lampung hingga Kayuagung Sumatera Selatan dengan panjang lintasan mencapai 240 kilometer.*