Menteri BUMN Pantau Progres Tol Melalui Udara

id menteri bumn, rini, jalan tol

Menteri BUMN Pantau Progres Tol Melalui Udara

Menteri BUMN Rini Soemarno (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/f)

Sabahbalau, Lampung,  (ANTARA Lampung) - Menteri BUMN Rini Soemarno memantau progres pembangunan jalan tol trans Sumatera, ruas Bakauheni hingga Desa Sabahbalau, Lampung Selatan melalui udara.

"Kami memantau titik-titik pekerjaan jalur tol mulai dari Bakauheni hingga Sabahbalau dengan menggunakan helikopter," kata Rini Soemarno di Sabahbalau, Lampung Selatan.

Ia menyebutkan, untuk pembangunan tol di Desa Sabahbalau perogresnya cukup cepat, apa lagi pembayaran ganti rugi lahan di wilayah ini hampir selesai.

Bulan lalu saat dirinya mengunjungi pembangunan JTTS, pembayaran ganti rugi di wilayah ini belum rampung tapi sekarang tinggal beberapa kilometer lagi.

Rini menjelaskan sejak beberapa hari lalu telah dilakukan pembayaran ganti rugi lahan untuk area Sabahbalau dan sekitarnya.

"Sebagian area sudah kosong dan dalam waktu dekat akan dikerjakan pembangunan jalan tol," ujar dia.

Hingga Januari 2016 lanjutnya ditargetkan lahan sepanjang 78 kilometer antara Sabahbalau menuju Terbanggi Besar telah dibebaskan.

Ia mengatakan anggaran untuk pembebasan lahan tol dari Bakauheni, Lampung hingga Kayu Agung Sumatera Selatan telah siap semua.

"Anggaran untuk pembebasan lahan di Kementerian PU lebih dari cukup untuk digunakan kapanpun," jelasnya.

Menteri BUMN itu mengatakan bahwa masyarakat pemilik lahan yang dilalui oleh pembangunan jalan tol menyadari akan pentingnya pembangunan jalan bebas hambatan tersebut.

Menurutnya, musyawarah antara pemerintah, pemangku kepentingan dan masyarakat sangat penting untuk menyelesaikan persoalan pembebasan lahan.

"Berdasarkan informasi penyelesaian lahan tol terutama di Terbanggi Besar telah terselesaikan. Kepercayaan masyarakat akan pembangunan jalan tol cukup besar karena lahan mereka dibayar secara wajar," tambahnya.*