Mufidah: IVA minimalkan tingkat kematian perempuan

id kanker leher rahim, pemeriksaan tes iva

...Salah satu upayanya adalah dengan melakukan pemeriksaan tes IVA sebagai upaya deteksi dini kanker serviks atau kanker leher rahim pada wanita, kata Mufidah...
Solo (ANTARA Lampung) - Istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah Kalla, mengatakan pemeriksaan inspeksi visual dengan asam asetat (IVA) dapat meminimalkan tingkat kematian perempuan bekerja dari penyakit kanker serviks.

"Salah satu upayanya adalah dengan melakukan pemeriksaan tes IVA sebagai upaya deteksi dini kanker serviks atau kanker leher rahim pada wanita," kata Mufidah saat acara pemeriksaan kesehatan di PT Sri Rejeki Isman atau Sritex di Boyolali, Jawa Tengah, Senin.

Pemeriksaan IVA untuk deteksi dini dan pencegahan kanker serviks pada perempuan merupakan cara untuk mendorong pembangunan manusia di Tanah Air.

"Hal itu diperlukan dalam rangka mendorong pembangunan manusia secara menyeluruh, sehingga perilaku hidup sehat dalam lingkungan yang sehat juga diperlukan," katanya.

Mufidah Kalla juga mengimbau perempuan Indonesia yang sudah menikah untuk rutin melakukan pemeriksaan IVA sebagai bentuk pencegahan terhadap penyakit kanker serviks.

"Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi bagian upaya promotif dan preventif kepada para wanita. Kalau selama ini banyak merasa takut, nyatanya pemeriksaannya tidak sakit," ujarnya.

Mufidah Kalla beserta rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era (Oase) Kabinet Kerja tiba di Pangkalan Udara TNI Adi Soemarmo pukul 08.20 WIB untuk melakukan kunjungan kerja.

Kunjungan pertama Mufidah beserta rombongan Oase adalah menuju pabrik tekstil PT Sri Rejeki Isman, untuk meninjau kegiatan pemeriksaan kesehatan para tenaga kerja wanita di sana.

Usai bersilaturahim dan santap siap bersama, rombongan kemudian menuju Pusat Batik Omah Laweyan.

Sejumlah istri menteri yang turut dalam rombongan tersebut adalah Ros Prasetyo, Farida Pratikno, Hanifah Baldan, Rini Rudiantara, Kartika Basuki, Marifah Dhakiri, Elisye Laoly serta istri Kapolri Nining Haiti.

Mufidah Kalla beserta rombongan dijadwalkan tiba kembali di Jakarta pada
Kategori Umum