Survei: Pasangan Rycko-Eki unggul di Lampung Selatan

id survei : rycko-eki unggul, rycko-eki unggul di pilkada, pilkada lampung selatan

...Margin error plus-minus 2,5 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen," katanya...
Kalianda, Lampung (ANTARA Lampung) - Berdasarkan rilis yang dikeluarkan sejumlah lembaga survei  menyebutkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan nomor urut 2 Rycko Menoza SZP-Eki Setyanto mengungguli dua pasangan calon lainnya yang akan bersaing pada pemilihan kepala daerah setempat.

Berdasarkan data Center for Research of Conflict Resolution (CCR) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lampung, pasangan Rycko-Eki Setyanto unggul dari dua pasangan lainnya, yakni nomor urut 1 RM Soleh-Bajuri (Baja) dan nomor urut 3 Zainudin Hasan-Nanang Ermanto (Zain).

Peneliti dari CCR FISIP Universitas Lampung Dr Hartoyo, di Bandarlampung, Minggu (29/11), menyebutkan, dari 385 reponden, sebanyak 42,2 persen memilih pasangan Rycko-Eki, dan Zainudin-Nanang 26,2 persen, sedangkan Soleh Bajuri-Ngadelan Jawawi 2,9 persen. Sebanyak 19,0 persen belum menentukan pilihan (swing voters).
    
"Margin error plus-minus 2,5 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen," katanya.

Ia menyebutkan, dari survei itu juga diketahui sebagian besar masyarakat memilih Rycko Menoza karena dinilai berhasil melakukan perubahan pembangunan di Lampung Selatan, dan harapan ke depan program-program tersebut tetap dilanjutkan.

Selain itu, masyarakat menginginkan sosok pemimpin yang sederhana, merakyat, tegas, berwibawa, jujur, bersih dari korupsi serta memiliki pengalaman dalam memimpin.

Sementara itu, Direktur Indo Survey dan Strategi (ISS) Hendrasmo mengatakan alasan Rycko mengungguli dua pasangan lainnya dikarenakan masih tinggi tingkat kepuasan terhadap kinerjanya selama lima tahun terakhir.

"Rycko dinilai berhasil melakukan perubahan untuk kemajuan pembangunan," kata mantan Direktur Lembaga Survei Indonesia (LSI) ini pula.

Ia menerangkan, dari populasi responden di Lampung Selatan, sekitar 60,20 persen menyatakan sangat puas atau cukup puas, sedangkan sekitar 52 persen responden menyatakan kondisi Lampung Selatan saat ini jauh lebih baik dari kondisi sebelumnya.

"Sebanyak 57,30 persen responden mengatakan menginginkan Rycko menjadi bupati kembali, sehingga dukungan masyarakat masih sangat kuat," ujarnya lagi.

Menurut dia, meskipun ada upaya lawan politik melakukan "black campaign" ataupun "negative campaign" terhadap Rycko ternyata tidak berpengaruh terhadap elektabilitas pasangan Rycko-Eki.

Hendrasmo menyatakan memang benar jika sejumlah lembaga survei menempatkan pasangan calon Rycko-Eki pada posisi paling atas, baik popularitas maupun elektabilitasnya.

Pilkada Lampung Selatan yang diikuti tiga pasangan, yakni RM Soleh-Bajuri (nomor urut 1), Rycko-Eki (nomor urut2) dan Zainudin Hasan-Nanang Ermanto (nomor uruyt 3), akan digelar pada 9 Desember 2015 bersamaan dengan pilkada lainnya di sejumlah daerah di Indonesia. (Ant)