Dikti Visitasi Dua Usulan IbIKK Darmajaya

id ibi darmajaya, visitasi, dikti

 Dikti Visitasi Dua Usulan IbIKK Darmajaya

Kegiatan pimpinan IBI Darmajaya menerima visitor dari Dikti. (foto/dok ibi darmajaya)

Bandarlampung, (Antara Lampung) - Visitor dari Dikti, Yusuf Rumbino, ST., MT melakukan visitasi program pengabdian masyarakat multi-tahun 2015 untuk dua usulan program Iptek bagi Inovasi dan Kreativitas Kampus (IbIKK) Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya, Rabu (25/11).

Dua usulan program IbIKK IBI Darmajaya tersebut berjudul Sistem Otomasi yang diajukan Dodi Yudo Setyawan, SSi., MTI serta Industri Produk Kreatif Sablon dan Percetakan Digital (Creative Dije) yang diajukan Sriyanto, SKom., MM.

Sistem Otomasi yang digerakkan oleh dosen jurusan Teknik Komputer ini memaksimalkan fasilitas laboratorium kampus untuk menghasilkan produk-produk berbasis teknologi otomatis. Bahkan salah satu produknya yakni mesin antrean bank otomatis telah digunakan oleh 5 bank di Provinsi Lampung dengan harga Rp 1,7 juta hingga Rp2 juta.

Sementara Creative Dije yang bergerak di bidang produk kreatif dapat melayani penyablonan kaos, pembuatan mug, pin, payung, percetakan undangan, dan brosur.

Yusuf mengatakan, visitasi bertujuan untuk melakukan penilaian atau verifikasi berdasarkan hasil pengamatan dan diskusi langsung bersama pimpinan institusi dan dosen di lokasi pengabdian masyarakat terkait keunggulan maupun kendala dari program yang diajukan.

“Program IbIKK menjadi salah satu program pengabdian masyarakat multi-tahun 2015 yang dilakukan untuk memanfaatkan dan memaksimalkan ilmu serta fasilitas kampus sehingga mampu menghasilkan teknologi, produk dan jasa yang khas hasil ciptaannya sendiri,” ujar dosen Universitas Nusa Cendana Nusa Tenggara Timur itu.

Menanggapi hal itu, Kepala Lembaga Pengembangan Pembelajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat (LP4M) IBI Darmajaya, Dr. Anuar Sanusi, SE., MSi mewakili Rektor menerangkan, IBI Darmajaya mengajukan empat usulan program pengabdian masyarakat multi-tahun 2015 dan dua di antaranya terpilih untuk visitasi.

Sementara dua penelitian lainnya yakni program IbIKK berjudul Centre for Comercial Software Development and Training Fakultas Ilmu Komputer oleh Dr. Suhendro Yusuf Irianto, M.Kom dan program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKNPPM) berjudul Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Masyarakat Desa Gisting Melalui KKNPPM oleh Winda Rika Lestari, SE.,MM.

“Selain itu IBI Darmajaya mendapat kesempatan menjadi tuan rumah pembukaan visitasi di Lampung. Kami berharap keempat judul tersebut dapat lolos dan meraih hibah pengabdian masyarakat multi-tahun 2015. Semoga program ini dapat menjadi motivasi dan semangat bagi para dosen dalam melakukan pengabdian masyarakat sebagai implementasi tri darma perguruan tinggi,” ungkapnya.

Kegiatan visitasi yang berlangsung di kampus setempat, juga dihadiri Nora B Kalibatu dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Pendidikan Tinggi (Dikti), Wakil Rektor I, II, dan III IBI Darmajaya, dan peserta dari perguruan tinggi lainnya.(*)