Peringatan hari guru dihadiri 12.000 guru

id menteri pendidikan, anies baswedan, peringatan hari guru

 Peringatan hari guru dihadiri 12.000 guru

Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

...Peringatan Hari Guru tahun ini fokus pada guru berprestasi dari seluruh Indonesia, kata Anies...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Sebanyak 12.000 guru dari seluruh wilayah di Tanah Air menghadiri peringatan Hari Guru Nasional ke-70 yang diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta, Selasa.

"Peringatan Hari Guru tahun ini fokus pada guru berprestasi dari seluruh Indonesia," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, dalam sambutannya.

Peringatan Hari Guru Nasional tahun ini mengangkat tema "Guru Mulia Karena Karya". Mendikbud menyebut ada dua kegiatan penting yang diselenggarakan pada tahun ini yakni simposium dan puncak peringatannya.

"Kegiatan simposium dan lokakarya sudah dilangsungkan kemarin. Guru dari seluruh Tanah Air menunjukkan karyanya. Awalnya ada 3.360 karya yang masuk, kemudian diseleksi dan didapat 250 karya terbaik yang dipresentasikan. Presentasi para guru tersebut tersebar di 16 ruangan," jelas dia.

Menurut Anies, selama ini banyak terobosan yang dilakukan para guru di Tanah Air. Permasalahan utamanya adalah hanya sedikit waktu yang diberikan kepada guru berprestasi tersebut untuk memaparkannya.

"Para guru tersebut berkumpul untuk mendengarkan ceramah dari orang lain, tetapi dari rekan mereka sesama guru,"jelas dia.

Karya yang ditampilkan dalam bentuk metode pembelajaran, alat peraga pendidikan, inovasi pembelajaran, yang akan disajikan dan dipamerkan kepada g Anies menambahkan banyak para guru dari seluruh Tanah Air yang sangat antusias untuk hadir dalam peringatan Hari Guru Nasional tersebut.

"Dengan memuliakan guru melalui karyanya, masyarakat dapat lebih mengapresiasi guru,"tutur mantan Rektor Universitas Paramadina tersebut.

Dalam acara puncak peringatan Hari Guru Nasional, turut hadir Pesiden Joko Widodo yang juga memberikan penghargaan Satya Lencana bagi guru berprestasi dan berdedikasi.

Seperti diketahui, puncak peringatan Hari Guru Nasional turut dihadiri oleh 2110 finalis guru dan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi.

Selain itu juga hadir 1000 guru dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Ilmu Pengetahuan Alam, 500 guru dari P4TK Bahasa Serta 781 Guru Garis Depan.

Turut hadir pula oleh 150 orang kepala sekolah yang tergabung dalam Forum Kepala Sekolah Negara ASEAN (South East Asia School Principals Forum), perwakilan UNESCO APCEIU (Asia Pasific Center of Education for International Understanding) dan sekertariat ASEAN.Budi Suyanto