Kemensos butuh ketegasan TNI/Polri atasi konflik Mesuji

id kemensos, menteri sosial, kofifah indar parawansa, konflik mesuji

 Kemensos butuh ketegasan TNI/Polri atasi konflik Mesuji

Mensos Khofifah Indar Parawansa (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

...Panglima TNI, Kapolri, dan petinggi lain harus hadir supaya ada solusi yang permanen di Mesuji, kata Mensos...
Bandar Lampung (ANTARA Lampung) - Kementerian Sosial membutuhkan ketegasan aparat TNI/Polri untuk membantu mengatasi konflik pertanahan di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, yang berlangsung selama bertahun-tahun.

"Panglima TNI, Kapolri, dan petinggi lain harus hadir supaya ada solusi yang permanen di Mesuji," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Bandar Lampung sebelum bertolak menuju Kabupaten Mesuji, Selasa (24/11).

Menurut dia, konflik Mesuji tidak bisa diselesaikan oleh satu kementerian. "Harus melalui pembahasan dalam Rakor Menkopolhukam. Di situ ada Panglima TNI dan Kapolri," ujarnya.

Namun, sebelum dibahas dalam rapat koordinasi Menkopolhukam, harus ada pemetaan detail mengenai lahan negara berikut inventarisasi persoalan-persoalannya.

"Dari detail pemetaan dan inventarisasi persoalan akan mudah mencari solusinya," ucap Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama itu.

Konflik di Kabupaten Mesuji yang terjadi selama bertahun-tahun itu telah menimbulkan dampak sosial, ekonomi, lingkungan hidup, keamanan, dan psikologis, terutama bagi warga yang kehilangan anggota keluarganya.

Khofifah menambahkan bahwa selain ingin menyerap aspirasi masyarakat terkait konflik lahan yang berujung pada konflik horizontal tersebut, kunjungannya ke Kabupaten Mesuji dengan menumpang pesawat helikopter dari Bandar Lampung itu juga untuk memastikan pelaksanaan program-program sosial dan kesejahteraan masyarakat.

"Kebetulan kami di Mesuji punya program keserasian sosial dan sarana lingkungan. Itu yang kami pantau tingkat keberhasilannya," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga memantau realisasi distribusi beras untuk keluarga sejahtera (rastra), PKH, KKS, dan rumah tidak layak huni di Kabupaten Mesuji.

Sehari sebelumnya, Mensos menjadi pembicara utama dalam Rakor Sekda Provinsi Lampung dan sekda kabupaten/kota di provinsi itu di Bandar Lampung.

Dalam rakor tersebut Khofifah menyatakan keinginannya agar dinas sosial di daerah tidak digabung dengan bidang lain, seperti ketenagakerjaan dan transmigrasi karena bidang sosial membutuhkan perhatian lebih besar, terutama dalam program pengurangan angka kemiskinan.

"Kami sudah berkirim surat kepada Mendagri agar mengeluarkan peraturan tentang 'single function' dinas sosial di daerah," ujarnya. (T.M038)