Penerima Beras Sejahtera 16,3 Juta KK

id Penerima Beras Sejahtera, Rastra, Mensos Khofifah Indar Parawansa, Mensos

Mesuji, Lampung (ANTARA Lampung) - Penerima beras untuk rakyat sejahtera pada 2016 akan ditingkatkan menjadi 16,3 juta kepala keluarga, sedangkan peserta Program Keluarga Sejahtera pada periode yang sama akan ditingkatkan menjadi enam juta peserta.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, di Mesuji, Lampung, Selasa (24/11), mengatakan para penerima beras untuk rakyat sejahtera (rastra, dulu beras untuk rakyat miskin/raskin, Red) tersebut sudah masuk dalam APBN 2016, dan disetujui DPR.

Jumlah penerima rastra pada 2016 jauh lebih banyak dari 2015 yang mencapai 15,15 juta kepala keluarga.

Selain itu, Kementerian Sosial juga menganggarkan dana untuk perbaikan rumah tak layak huni (RTLH) sebanyak 29 ribu unit pada 2016.

Sedangkan untuk Program Kelompok Usaha Bersama (KUB), Kementerian Sosial menganggarkan dana pembinaan untuk 4.200 kelompok usaha bersama berbasis perkotaan dan perdesaan pada 2016.

"Khusus untuk kelompok usaha bersama dan perbaikan rumah tak layak huni, kami juga mensinkronkan data dengan kementerian lain," ujar Khofifah.

Hal tersebut diungkapkan Khofifah saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mesuji, Lampung, 24 November 2015.

Dalam kunjungan tersebut, Mensos meninjau pembagian dana PKH dan rastra bagi 200-an penerima di Desa Panggungjaya Kecamatan Rawajitu Utara Kabupaten Mesuji, Lampung.

Mensos juga menyerahkan bantuan kepada warga Kabupaten Mesuji, yaitu mobil dapur umum, motor trail, dana keserasian desa untuk 4 desa di Mesuji sebesar Rp436 juta.

Khofifah juga menyerahkan bantuan lainnya yaitu dana perbaikan rumah tidak layak huni sebesar Rp1 miliar dan bantuan kredit usaha bersama untuk 40 kelompok sebesar Rp800 juta, dan dana sarana lingkungan untuk 2 desa sebesar Rp100 juta.

Bantuan tersebut diserahkan Mensos Khofifah secara simbolis, didampingi Bupati Mesuji Khamamik.

Jumlah peserta Program Keluarga Harapan di Mesuji adalah 1.186 peserta, tersebar di 7 kecamatan dan 105 desa.