Warga Metro Bergotong-royong Siapkan Hitung Hasil Pilkada

id Pilkada Metro Lampung, Gotong-royong Siapkan Penghitungan Hasil Pilkada, Gotong-royong hitung pilkada, pilkada metro

Metro, Lampung (ANTARA Lampung) - Para pegiat komunitas di Kota Metro Provinsi Lampung mulai melakukan rekrutmen relawan untuk secara bergotong-royong menyiapkan penghitungan nyata atau real count hasil Pilkada Metro, 9 Desember mendatang.

Dharma Setyawan, Penanggungjawab real count ini, di Metro, Minggu (22/11), mengatakan bahwa pihaknya berencana merekrut 300 orang relawan dari berbagai kalangan¿ untuk menyiapkan penghitungan nyata hasil pilkada serentak di Metro tersebut.

"Relawan itu akan ditempatkan pada 228 tempat pemungutan suara dan sekretariat real count, untuk membantu memasukkan data serta relawan dan menyiapkan konsumsi yang diperlukan," ujarnya.

Menurut Dharma, real count yang diinisiasi warga ini adalah yang pertama di Lampung.

"Biasanya, hitung cepat atau quick count maupun real count dilakukan¿ oleh tim sukses, lembaga survei, Kesbangpol, dan KPU, namun kali ini kami mencoba untuk melibatkan warga," katanya lagi.

Sementara ini sudah ada 63 orang relawan yang mendaftar, kebanyakan adalah mahasiswa dan pegiat komunitas.

"Kami optimistis dalam waktu 14 hari ke depan, relawan akan terekrut dan partisipasi politik warga akan semakin luas," kata Dharma yang juga dosen dan peneliti Sai Wawai Institute ini.¿

Pilkada Kota Metro diikuti lima pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, yaitu Sudarsono dan Taufik Hidayat nomor urut satu, Abdul Hakim dan Muchlido Apriliast nomor urut dua, Pairin dan Johan nomor urut tiga, Supriyadi dan Megasari nomor urut empat, serta Okta Novandra Jaya dan Wahadi nomor urut lima.

Pilkada serentak di Provinsi Lampung pada 9 Desember 2015 akan dilaksanakan pada delapan dari 15 kabupaten/kota di daerah ini, yaitu Metro, Bandarlampung, Pesawaran, Pesisir Barat, Lampung Timur, Lampung Selatan, Lampung Tengah, dan Kabupaten Way Kanan.