PGE Ulubelu Lampung Kembali Bangun Jalan Perkampungan

id PGE Ulubelu Bangun Jalan, PGE Ulubelu Tanggamus Lampung, PGE Ulubelu Lampung, TNI Kerjakan Jalan Ulubelu, Dirgo Rahayu GM PGE Ulubelu, Idham Manager P

PGE Ulubelu Lampung Kembali Bangun Jalan Perkampungan

Kondisi jalan perkampungan di Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung yang bertahap diperbaiki oleh PT PGE Pertamina bersama TNI dan masyarakat setempat. (FOTO: ANTARA Lampung/Budisantoso Budiman)

Tanggamus, Lampung (ANTARA Lampung) - PT Pertamina Geothermal Energy Area Ulubelu, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengusahakan panas bumi menjadi listrik di Ulubelu, Lampung, kembali membangun dan memperbaiki jalan utama sebagai akses transportasi umum keluar masuk di sekitar kawasan perusahaan di Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus.

General Manager (GM) PT PGE Area Ulubelu Lampung, Dirgo Rahayu, diwakili Manager Layanan Umum, Idham, dalam penjelasan dari Ulubelu, Tanggamus, Minggu (22/11), menyatakan rencana pada Senin (23/11) pihaknya akan melaksanakan ground breaking pembangunan jalan dari Pekon (Kampung) Muara Dua ke Pekon Ngarip di Ulubelu.

Pembangunan jalan itu merupakan kerja sama antara PT Pertamina dengan pihak TNI melalui Kodam II/Sriwijaya.

"Kami menyiapkan acara ground breaking pembangunan jalan Muara Dua ke Ngarip ini merupakan kerja sama TNI dengan Pertamina pada Senin pagi," ujar Idham pula.

Selain itu, pihaknya juga akan meresmikan penyelesaian jalan Kampung Gunung Megang ke Muara Dua.

Idham menjelaskan pula, bersama acara itu, akan digelar pula bakti sosial berupa khitanan massal, pengobatan gratis, penanaman pohon, pelaksanaan program jambanisasi, dan pembagian sembako bagi warga sekitarnya.

"Insya Allah akan hadir jajaran Kodam II/Sriwijaya dan Korem 043/Garuda Hitam Lampung beserta Bupati Tanggamus dan Direksi PT Pertamina," katanya pula.

Dia menegaskan, PT PGE Area Ulubelu dan TNI sepakat melakukan kerja sama untuk memperbaiki akses jalan umum di Kecamatan Ulubelu di sekitar area PT PGE setempat.

Sebelumnya, sejumlah aparat kampung dan warga di beberapa kampung di Kecamatan Ulubelu, Tanggamus mengeluhkan kondisi jalan keluar masuk desa mereka yang rusak berat dan selama bertahun-tahun belum juga diperbaiki.

Dalam beberapa tahun terakhir, setelah PT PGE Ulubelu beroperasi, sejumlah ruas jalan kampung di daerah ini telah diperbaiki secara bertahap untuk melancarkan transportasi bagi pihak perusahaan maupun warga setempat dan pihak lain yang ke daerah ini.

Dalam perbaikan jalan ini, PT PGE Ulubelu menggandeng TNI serta memberdayakan masyarakat setempat, untuk memastikan pembangunan dan perbaikan jalan itu berjalan lancar tanpa gangguan dari pihak lain dengan kerja yang cepat dan kualitasnya bagus sehingga benar-benar bermanfaat untuk masyarakat, mengingat wilayah Ulubelu termasuk daerah terpencil di ujung Provinsi Lampung.

Pemkab Tanggamus sebenarnya juga telah mengusulkan perbaikan jalan dari Kecamatan Pulaupanggung sampai Muara Dua di Kecamatan Ulubelu, serta akan mengajukan perbaikan jalan Pekon Ngarip sampai Sirnagalih ke Pemprov Lampung sesuai kewenangan, untuk menuntaskan permasalahan ketersediaan infrastruktur transportasi di Kecamatan Ulubelu ini.

PGE Ulubelu mengelola sumber energi listrik dari panas bumi berupa Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulubelu di Kabupaten Tanggamus yang terus dikembangkan oleh PT Pertamina, dan direncanakan setelah unit Ulubelu 1 dan 2 beroperasi menghasilkan listrik, akan menyusul Ulubelu 3 dan 4, serta selanjutnya Ulubelu 5 dan 6.

Informasi dari PT PLN Pembangkitan Sumbagsel Sektor Kit Bandarlampung Pusat Listrik Tanggamus, menurut Manajer Pusat Listrik (PL) Tanggamus PT PLN, Suhardi Sukarman, di Ulubelu, beberapa waktu lalu, saat ini dari pengelolaan listrik panas bumi Ulubelu yang dibeli PT PLN dari PT PGE Area Ulubelu 1 dan 2, telah dihasilkan energi listrik sebesar 2x55 megawatt (MW).

Daya listrik yang dihasilkan dari panas bumi ini, menurutnya relatif stabil dan mantap, sehingga sepanjang tahun dapat beroperasi dan menghasilkan daya listrik terus menerus, dibandingkan sumber pembangkit listrik lainnya yang harus dilakukan perawatan secara berkala sehingga harus menghentikan atau mengurangi operasionalnya.

PLTP Ulubelu ini berada di Desa Muara Dua Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus, dengan menggunakan mesin pembangkit turbin uap bersumber dari energi uap panas bumi yang beroperasi sejak September dan Oktober 2012 lalu.

PLTP yang dikelola PGE dan sudah beroperasi komersial, antara lain Kamojang Jawa Barat 200 MW, Ulubelu Lampung 110 MW, Lahendong Sulawesi Utara 80 MW, Sibayak Sumatera Utara 12 MW.

Sedangkan PLTP baru yang sedang dikembangkan, antara lain Lumut Balai di Sumatera Selatan, Kerinci di Jambi, Hululais di Bengkulu, Karaha Tasikmalaya (Jabar), dan Kotamobagu Sulawesi Utara, serta beberapa pengembangan lanjutan PLTP di Kamojang, Ulubelu, dan Lahendong yang direncanakan berturut-turut mulai 2015 sampai dengan 2020.

Tahun ini, manajemen PT Pertamina mengalokasikan modal sebesar 7 miliar dolar AS untuk pengembangan pembangkit listrik baru, termasuk listrik dari panas bumi.