Barcelona hancurkan Madrid 4-0 di Bernabeu

id suarez dua gol calsico, liga spanyol, el clasico, barcelona hancurkN Madrid 4-0

Barcelona hancurkan Madrid 4-0 di Bernabeu

Suarez melakukan selebrasi usai menjebol gawang Real Madrid (Reuters)

Madrid (Antara/Reuters/ANTARA Lampung) - Barcelona memberikan berbagai hantaman terhadap harapan-harapan Real Madrid mendulang gelar, ketika Luis Suarez dan Neymar meneruskan penampilan gemilang mereka bagi sang juara bertahan untuk mencatatkan kemenangan besar 4-0 pada "Clasico" Liga Spanyol pada Sabtu.

Suarez mencetak dua gol pada tiap-tiap babak, sedangkan gol-gol lain disumbangkan Neymar dan kapten Andres Iniesta ketika Barca mempermalukan rival abadi mereka dengan penampilan menawan di Bernabeu untuk unggul enam angka di puncak klasemen setelah 12 pertandingan, dan menambah tekanan bagi pelatih Real Rafa Benitez.

Dominasi Barca, yang memicu kemarahan para penggemar Real untuk mencemooh tim mereka sendiri dan menuntut presiden Florentino Perez untuk mengundurkan diri, semakin layak dicatat dengan mempertimbangkan bahwa pelatih Luis Enrique menyimpan Lionel Messi yang telah pulih dari cedera untuk menjadi pemain cadangan.

Kapten Argentina itu, yang telah absen selama hampir dua bulan karena cedera lutut, masuk menggantikan Ivan Rakitic pada menit ke-60 dan membantu Suarez mencetak gol keempat bagi sang juara Eropa.

Barca dapat dengan mudah menambahi gol mereka pada fase akhir pertandingan, dan keterpurukan Real semakin lengkap ketika pemain pengganti Isco mendapatkan kartu merah langsung akibat pelanggarannya terhadap Neymar enam menit sebelum pertandingan usai.

Mengejar gelar Liga Spanyol keenam dalam delapan tahun, Barca kini memiliki 30 angka, sedangkan Real, yang kalah 2-3 di markas Sevilla pada pertandingan sebelumnya, mengoleksi 24 angka.

Atletico Madrid dapat mendaki kembali untuk tertinggal empat angka dari Barca dan menggeser Real di posisi kedua dengan kemenangan atas tim promosi Real Betis pada Minggu.

Gol-gol dari Imanol Agirretxe dan Xabi Prieto pada Minggu sore membawa pelatih Real Sociedad Eusebio Sacristan mencatatkan awal masa kerjanya dengan kemenangan, saat pasukannya menang 2-0 atas tamunya Sevilla.

Eusebio, mantan pelatih Celta Vigo dan Barcelona B, mengambil alih posisi arsitek tim dari David Moyes pada bulan ini setelah pria Skotlandia itu dipecat di mana Sociedad terapung di atas zona degradasi.

Kemenangan Sabtu di Stadion Anoeta di San Sebastian terwujud berkat gol Agirretxe pada menit ke-73 dan upaya Prieto empat menit kemudian, yang mengangkat klub Basque itu menuju ke peringkat ke-14 dengan 12 angka dari 12 pertandingan.

Juara Liga Europa Sevilla, yang akan bermain di markas Borussia Moenchengladbach di Liga Champions pada Rabu, menghuni peringkat kesepuluh dengan 15 angka bergantung pada hasil-hasil pertandingan lain di akhir pekan.