BPBD Lampung Imbau Warga Waspadai Musim Hujan

id BPBD Lampung Imbau Warga Waspadai Musim Hujan

BPBD Lampung Imbau Warga Waspadai Musim Hujan

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung, Sobri (lampungprov.go.id)

...Memasuki musim hujan biasanya sering terjadi bencana seperti banjir dan longsor di beberapa kawasan di Lampung. Jadi kita semua harus benar-benar waspada apalagi yang tinggal di pinggiran bukit, kata Sobri...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung, mengimbau masyarakat di daerah itu untuk tetap waspada selama memasuki musim hujan yang diperkirakan hingga bulan Februari 2016.

"Memasuki musim hujan biasanya sering terjadi bencana seperti banjir dan longsor di beberapa kawasan di Lampung. Jadi kita semua harus benar-benar waspada apalagi yang tinggal di pinggiran bukit," kata Kepala BPBD Provinsi Lampung, Sobri, di Bandarlampung, Jumat.

Ia menyebutkan, tim BPBD Lampung bidang II sudah memantau ke daerah Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Barat dan Pesawaran.

Menurutnya, Lampung terdapat beberapa titik yang menjadi perhatian serius BPBD untuk selalu waspada, seperti daerah Kabupaten Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Mesuji dan lainnya.

"Banyak kawasan di Lampung terdapat sungai yang sewaktu-waktu dapat meluap dan mengakibatkan banjir hingga ke pemukiman warga," jelasnya.

Ia menjelaskan, untuk mengatasi dampak tersebut, pihaknya mengimbau kepada masyarakat Lampung tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kelestarian lingkungan sekitar dan tidak menebang hutan yang akan menyebabkan hutan gundul sehingga terjadi longsor.

Sebelumnya BPBD Lampung telah melakukan rapat dengan Kementerian di Jakarta, untuk membahas mengenai bencana yang sering terjadi seperti longsor dan banjir yang ada di Provinsi Lampung.

Menurut Sobri, pemerintah pusat menyarankan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk waspada terjadinya banjir dan longsor, karena tidak bisa menentukan kapan musibah akan terjadi, dan masyarakat diharapkan tetap menjaga lingkungan dan hutan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga untuk waspada terhadap cuaca ekstrim yang terjadi memasuki awal November ini.