Pers Mahasiswa Kronika STAIN Metro Gelar PJMTD

id Kronika STAIN Metro Gelar PJMTD, Kronika STAIN Metro, Pers Mahasiswa Lampung, Pers Mahasiswa

Pers Mahasiswa Kronika STAIN Metro Gelar PJMTD

Peserta Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (PJMTD) UPKM Kronika STAIN Metro, Lampung. (FOTO: ANTARA Lampung/Budisantoso Budiman)

Metro, Lampung (ANTARA Lampung) - Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Kronika Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Metro, Lampung menggelar Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar, 17--18 Oktober 2015.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana PJMTD UKPM Kronika, Wahid Syaifudin, didampingi Sekretaris Panitia Fitri Utami, di Metro, Minggu (18/10), pelatihan yang dilaksanakan setahun sekali itu diprioritaskan bagi para pengelola dan pengurus maupun calon pengurus/pengelola UKPM Kronika.

"Tahun ini, peserta PJMTD itu sebanyak 30 orang mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan di STAIN Metro ini, diutamakan mereka yang belum pernah mengikuti pelatihan serupa sebelumnya," ujarnya pula.

Pemimpin Umum UKPM Kronika, Ahmad Surya Atmaja menyatakan, para pengelola dan pengurus serta calon pengurus/pengelola UKPM Kronika itu perlu mendapatkan bekal ilmu teori komunikasi maupun praktik jurnalistik dari para jurnalis di daerah ini.

"Ilmu komunikasi dan bekal praktis jurnalistik termasuk pengalaman dari para jurnalis handal di Lampung itu, diharapkan dapat memotivasi teman-teman untuk semakin aktif dan kreatif serta profesional mengelola UKPM Kronika," ujar dia lagi.

Dalam PJMTD yang dilaksanakan di Laboratorium Mikro Teaching STAIN Metro itu, beberapa jurnalis dan redaktur dari beberapa media massa, seperti Harian Umum Lampung Post dan LKBN ANTARA Lampung, serta pengurus organisasi pers di Lampung menjadi pemateri dan narasumbernya.

"Peserta selain mendapatkan bekal ilmu teori komunikasi dan jurnalistik, juga bekal praktis berupa simulasi dan praktik jurnalistik, seperti penulisan berita, penulisan artikel dan feature serta fotografi," kata Surya Atmaja pula.

Beberapa peserta PJMTD itu mengaku mendapatkan ilmu teori maupun praktis yang sangat bermanfaat dalam menambah wawasan dan menjadi bekal untuk menjadi pengelola UKPM Kronika.

Mereka berharap pelatihan serupa dapat digelar tak hanya setahun sekali dan dilaksanakan secara lebih intensif dengan waktu untuk simulasi dan praktik bagi peserta lebih banyak lagi.

Di Lampung, belasan lembaga pers mahasiswa di sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta, termasuk UKPM Kronika STAIN Metro telah bergabung dalam Aliansi Pers Mahasiswa (APM) Lampung yang kepengurusannya berganti secara periodik dipilih di antara para pengurus dan pengelola pers mahasiswa anggotanya.