Ketua MPR terima penghargaan adat Lampung

id zulkifli hasan, edwar syag pernong

Liwa, Lampung (ANTARA Lampung) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menerima penghargaan berupa lencana dari Kerajaan Adat Kepaksian Pernong pada kegiatan Himpunan yang diselenggarakan Gedong Dalom di Liwa, Lampung Barat, Lampung, Sabtu.

Pengharahaan diberikan oleh Raja Kerajaan Adat Kepaksian Pernong Paduka Saibatin Edwardsyah Pernong, Paduka yang Dipertuan ke-23.

Saat akan memerikan penghargaan, Edwardsyah Pernong mengatakan tanda penghargaan itu dulu dipakai oleh Raja Kepaksian Pernong dan disematkan kepada Raja Rejang Lebong dari Bengkulu.

"Penghargaan diberikan kepada Zulkifli Hasan sebagai putra Lampung yang menduduki jabatan Ketua MPR RI," katanya.

Sementara itu, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengapresiasi penyelenggaraan Festival Sekala Brak yang mengangkat budaya tradisional Lampung.

"Festival Sekala Brak ini menampilkan sejumlah budaya daerah termasuk kegiatan Himpunan Adat yang menghimpun aspirasi masyarakat," katanya.

Menurut Zulkifli, budaya tradisional Lampung di Lampung Barat itu terkait dengan daerah lainnya dan merupakan bagian dari budaya nasional.

Diselenggarakannya Festival Budaya Sekala Brak itu juga diharapkan membangkitkan kembali nilai-nilai budaya tradisional pada generasi muda.

Melalui kegiatan Festival Sekala Brak ini, kata dia, diharapkan dapat memotivasi generasi muda untuk aktif mengikuti perkembangan budaya dan dapat mengasah kertampilannya.

Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional itu mencontohkan, melalui kegiatan-kegiatan adat dan budaya diharapkan dapat mengembangkan kesenian dan kerajinan daerah. (Ant)