Zulkifli Hasan Apresiasi Festival Budaya Skala Brak

id ketua mpr, zulkifli hasan, festival sekala brak, liwa lampung barat

 Zulkifli Hasan Apresiasi Festival Budaya Skala Brak

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan apresiasi Festival Skala Brak di Liwa Kabupaten Lampung Barat (ist)

...Festival Skala Brak ini menampilkan sejumlah budaya daerah, termasuk kegiatan Himpun Adat, yang menghimpun aspirasi masyarakat, kata Zulkifli...
Liwa, Lampung  (ANTARA Lampung) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengapresiasi penyelenggaraan Festival Skala Brak di Liwa Kabupaten Lampung Barat yang mengangkat budaya tradisional Lampung, Sabtu (10/10).

"Festival Skala Brak ini menampilkan sejumlah budaya daerah, termasuk kegiatan Himpunan Adat, yang menghimpun aspirasi masyarakat," kata Zulkifli Hasan, di sela kegiatan tersebut.

Hadir pada kegiatan tersebut, antara lain, Ketua Komisi Yudisial Suparman Marzuki, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, dan Kapolda Lampung Brigjen Pol Edward Syah Pernong yang juga Suttan Kepaksian Pernong. Hadir pula Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri dan jajarannya.

Menurut Zulkifli, budaya tradisional Lampung di Lampung Barat ini terkait dengan daerah lainnya dan merupakan bagian dari budaya nasional.

Penyelenggaraan Festival Budaya Skala Brak ini juga membangkitkan kembali nilai-nilai budaya tradisonional pada generasi muda.

Menurut dia, Kapolda Lampung Brigjen Pol Edward Syah Pernong yang saat ini menjadi Raja Kerajaan Adat Kepaksian Pernong, adalah salah satu tokoh yang menjunjung tinggi adat dan budaya Lampung.

Melalui kegiatan Festival Skala Brak ini, kata dia, diharapkan dapat memotivasi generasi muda untuk aktif mengikuti perkembangan budaya dan dapat mengasah keterampilannya.

Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional ini mencontohkan, melalui kegiatan-kegiatan adat dan budaya dapat mengembangkan kesenian dan kerajinan daerah.

"Jika di suatu daerah tidak ada budaya dan seni, maka sulit mengembangkan kreativitas. Budaya juga dapat mencegah hal-hal negatif," katanya.

Zulkifli Hasan usai menghadiri kegiatan Himpunan Adat yang merupakan bagian dari Festival Skala Brak di Gedung Dalom Kepaksian Pernong di Liwa, melakukan peletakan batu pertama pembangunan Stadion Bumi Skala Brak. (Ant).