BMKG Perluas akses informasi melalui LKBN ANTARA

id direktur perum lkbn antara, saiful hadi, bmkg kerjasama

BMKG Perluas akses informasi melalui LKBN ANTARA

Penandatanganan kerja sama LKBN ANTARA dan BMKG. (FOTO: ANTARA)

Jakarta (ANTARA Lampung) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperluas akses pemberian informasi kepada masyarakat dengan menyepakati nota kesepahaman (MoU) dengan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara.

MoU tersebut ditandatangani oleh Kepala BMKG Andi Eka Sakya dan Direktur Utama LKBN Antara Saiful Hadi, di Wisma Antara, Jakarta, Jumat.

"LKBN Antara memegang peranan penting dalam memberikan informasi ke seluruh Indonesia. Saya sangat gembira dengan MoU ini," ujar Kepala BMKG Andi Eka usai penandatanganan kesepakatan.

Menurut Andi, kerja sama dengan Kantor Berita Antara merupakan salah satu cara untuk menyebarluaskan kabar mengenai berbagai macam hal yang berhubungan dengan cuaca, iklim hingga bencana alam.

Hal ini penting, lanjut Andi, agar masyarakat semakin peduli terhadap lingkungan sekitarnya dan yang berujung pada meningkatnya kesadaran rakyat akan gejala-gejala alam, terutama dalam hubungannya dengan bencana.

Sementara menurut Direktur Utama LKBN Antara Saiful Hadi, perusahaan BUMN yang dipimpinnya siap membantu BMKG dalam mendidik masyarakat.

"BMKG perlu memberikan edukasi kepada masyarakat, yang memang tidak mudah dilakukan," kata Saiful.

Ada pun melalui kerja sama ini, BMKG akan memberikan akses terkini ("real time") melalui teknologi informasi yang akan disebarluaskan melalui kanal-kanal pemberitaan Kantor Berita Antara.

BMKG akan memberikan kabar terbaru strategis yang bisa dimanfaatkan untuk aktivitas produksi (pada sektor pertanian dan perikanan/kelautan), distribusi (pelayaran dan penerbangan) serta mobilitas masyarakat.

Kantor Berita Antara melalui jaringan pemberitaan nasional dan internasional, juga akan menggerakkan kesadaran publik tetang pentingnya informasi meteorologi, klimatologi dan geofisika bagi produktivitas dan penanggulan bencana.