Pengusaha diharap gunakan kereta

id kereta api, babaranjang

Pengusaha diharap gunakan kereta

Kereta api di Stasiun Tanjungkarang (Istimewa)

Bandarlampung,  (ANTARA Lampung) - Seorang anggota DPRD Kota Bandarlampung meminta pengusaha menggunakan kereta api untuk mengangkut barang agar bisa mengurangi kerusakan jalan raya akibat truk bertonase besar .

"Untuk mencegah kerusakan jalan di Kota Bandarlampung, pengusaha yang begerak di bidang industri maupun jasa dapat beralih menggunakan kereta api barang dalam mengangkut terutama ke Pelabuhan Panjang dan sebaliknya," kata anggota DPRD Kota Bandarlampung, Yuhadi saat dihubungi Bandarlampung, Jumat.

Dia menyatakan 50 persen kerusakan jalan raya di Bandarlampung disebabkan oleh truk pengangkut barang.

Untuk memperkecil kerusakan jalan, kata dia, pengusaha harus mulai beralih menggunakan jasa kereta api, apalagi biaya yang akan dikeluarkan lebih murah.

"Jika dibandingkan biaya, menggunakan kereta api jelas lebih murah dan aman," kata anggota Komisi III itu.

Pengalihan angkutan barang industri ke angkutan kereta api barang merupakan langkah bijak yang bisa diambil sekaligus solusi untuk mengurangi kepadatan di jalan raya, katanya.

Meskipun demikian, menurutnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) harus meningkatkan kesiapan sarana dan prasarana angkutannya.

Selain menyiapkan rangkaian dan layanan ke pelabuhan, KAI juga perlu meningkatkan infrastruktur jalur atau relnya.

"PT KAI harus lebih siap, menjawab layanan yang efektif dan efisien, selain itu jalur ganda perlu diperpanjang sehingga layanan lebih luas," kata dia.

Manajer Humas PT KAI Subdivre III.2 Tanjungkarang, Muhaiman mengatakan KAI telah siap membantu para pengusaha yang akan melakukan pengiriman barang termasuk batu bara.

"Kita siap membantu para pengusaha yang akan menggunakan jasa kereta api, biaya tentu lebih murah sebab berdasarkan jarak," kata dia.

Demi memaksimalkan pelayanan, pihaknya pun tengah membangun jalur ganda di Kabupaten Waykanan hingga Kabupaten Lampung Utara.

Dia mengharapkan, pengiriman barang menggunakan kereta api dapat mengurangi kepadatan jalan raya.

***1***