Sejumlah Negara tawarkan bantuan penanganan asap

id satgas bencana asap, sejumlah negara tawarkan bantuan

Sejumlah Negara tawarkan bantuan penanganan asap

Sejumlah prajurit TNI AD yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Bencana Asap di Sumatera tiba di Lanud Roesmin Nurjadin, di Pekanbaru, Riau, Selasa (15/9). ( ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Jakarta (ANTARA Lampung) - Presiden Joko Widodo mengatakan sejumlah negara sahabat menawarkan bantuan untuk penanganan asap yang berada di wilayah Kalimantan dan juga Sumatera.

"Kita kemarin sudah minta bantuan, dan dibantu dari Singapura, masih dalam proses, Rusia, Malaysia, Jepang, yang kita harapkan bisa mempercepat penanganan. Karena menangani gambut berbeda dengan menangani kebakaran hutan biasa," kata Presiden usai meninjau proyek MRT di Jakarta, Kamis.

Presiden mengatakan bantuan dari Singapura berupa tiga pesawat untuk membantu pemadaman akan tiba pada Kamis (8/10) sementara dari Rusia juga akan datang membantu.

"Daya mengangkut air 12 ton, 15 ton, bukan seperti sekarang hanya 2-3 ton," katanya.

Kepala Negara menambahkan,"ini (Kamis 8/10) kita mau ke Riau, ke Jambi, Sumsel, Sumbar, ditempat-tempat yang ada asap, dan kita ini memang baru konsentrasi, kemarin kita rapat pengerahan pasukan untuk masuk kesana, karena titik api, sangat merah sekali." Presiden didampingi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meninjau perkembangan pengeboran terowongan MRT di lokasi Bundaran Senayan mulai pukul 09.10 WIB.

Presiden berada di lokasi sekitar 45 menit, usai meninjau dan memberikan keterangan kepada wartawan, Kepala negara kemudian menuju Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta untuk melakukan kunjungan kerja hingga Minggu (11/10) mendatang ke Jambi, Sumatera Barat dan Riau.