CP Prima Perluas Pasar Domestik dan Ekspor

id CP Prima Sidoarjo, Pabrik Pakan Ikan CP Prima, CP Prima, Yulian Riza, Wilson Hendrata

CP Prima Perluas Pasar Domestik dan Ekspor

Produk makanan berupa nuget dan pempek yang dibuat PT CP Prima Tbk, dari pabrik di Sidoarjo Jawa Timur dan Lampung. (FOTO: Antaralampung/Budisantoso Budiman)

Surabaya (ANTARA Lampung) - PT Central Proteina (CP) Prima Tbk. terus melakukan ekspansi pasar komoditas utama udang untuk ekspor maupun produk pangan dan produk turunan lainnya dengan sasaran pasar domestik maupun mancanegara.

Menurut Wilson Hendrata ST FPE, Asistant Vice President Aqua Feed Production PT CP Prima Tbk Sidoarjo Jawa Timur, Kamis (8/9), melalui pabrik khusus memproduksi pakan ikan (fish feed mill), pakan burung berkicau, dan distributor pakan satwa peliharaan seperti anjing dan kucing, pihaknya terus mengembangkan diri termasuk menambah kapasitas pabrik pakan ikan di Sidoarjo, dengan belum lama ini diresmikan pengoperasian tower 2.

Wilson yang didampingi Yulian Mohammad Riza, Corporate Communication PT CP Prima Tbk, bersama Asistant Vice Presiden Stephanie Endang WS dan jajaran manajemen PT CP Prima Sidoarjo lainnya, menyebutkan, perusahaan yang semula berbasis bisnis utama (core business) ekspor udang dari areal pertambakan modern itu, kini memiliki pabrik pakan ikan dan produk lainnya di Cikampek (Jawa Barat), Medan (Sumatera Utara), dan Lampung.

PT CP Prima Tbk juga memiliki pabrik pakan udang di Lampung dan Surabaya serta Medan.

"Kami termasuk perusahaan pertama yang mengembangkan teknologi pembuatan pakan ikan dan udang pertama di Indonesia," kata dia pula.

Perusahaan ini menerapkan standar baku untuk mengolah bahan baku pakan ikan dan udang itu, sehingga memenuhi standar yang ditetapkan dengan kontrol kualitas dilakukan secara terus menerus.

"Produk pakan ikan sekarang oleh konsumen lebih diminati yang mengapung dibandingkan yang tenggelam di dalam air," ujarnya.

Karena itu, pabrik ini berupaya memenuhi keinginan konsumen, sehingga saat ini lebih banyak memproduksi pakan ikan yang mengapung (floating) mencapai sekitar 80 persen, dibandingkan yang tenggelam (sinking), kata dia lagi.

Namun hingga saat ini bahan baku yang diperlukan khususnya bungkil kacang kedelai seluruhnya masih harus mengimpor, mengingat tidak tersedia di dalam negeri. Tapi bahan baku lainnya, seperti jagung masih bisa mengandalkan dari dalam negeri walaupun harus berebutan dengan industri pakan ayam dan industri lain yang mengolah bahan baku jagung itu.

"Tapi bila bahan baku jagung yang diperlukan tidak tersedia mencukupi atau kurang, kami juga melakukan impor," katanya pula. Bahan baku jagung itu diutamakan diperoleh dari para petani di Jawa Timur, dan juga bila masih kekurangan dipasok dari daerah lain seperti Makassar, Sumbawa, Jawa Tengah, dan Lampung.

Dia menyebutkan, pada tahun 2014 lalu, pihaknya harus mengimpor sekitar 10 persen bahan baku jagung yang diperlukan karena pasokan dari dalam negeri masih kurang. "Tapi tahun 2015 ini, sampai saat ini masih mengandalkan bahan baku jagung dari dalam negeri," ujarnya lagi.

Bahan baku katul dan gaplek juga masih mengandalkan dari dalam negeri, termasuk mendatangkan singkong/kasava dari Provinsi Lampung.

Wilson juga menyatakan pemasaran produk pabrik pakan ikan di Sidoarjo ini sepenuhnya untuk memenuhi pasar domestik di Indonesia. Namun pihaknya telah merencanakan juga akan mengeskpor produk pakan ikan itu ke sejumlah negara.

Target produksi pabrik Sidoarjo ini mencapai 150.000 ton per tahun, dari target produk PT CP Prima secara nasional mencapai sedikitnya 400.000 ton per tahun.

Yulian Mohammad Riza, Corporate Communication PT CP Prima Tbk menambahkan, pabrik perusahaan itu di Jawa Timur, selain memproduksi pakan ikan dan produk lainnya, juga memiliki satu pabrik lainnya yang menghasilkan berbagai varian produk makanan, seperti nuget, bakso, dan pempek berbahan baku ikan maupun udang.

"Kami sejak beberapa tahun terakhir mulai melakukan perluasan pasar domestik untuk produk makanan dan pakan ikan, selain terus mengembangkan pasar baru untuk ekspor udang maupun produk lainnya yang sejak awal sudah kami lakukan," kata Yulian pula.

Menurut dia, sambutan konsumen di Indonesia atas berbagai produk yang dihasilkan CP Prima cukup baik, sehingga diharapkan ke depan akan semakin meluas menyasar pangsa pasar domestik di negeri ini, dengan produk yang semakin beragam sesuai keinginan dan kebutuhan konsumen.