Pemprov Lampung Berikan Bantuan Kepada 5.470 Anak

id gerakan peduli anak, beri bantuan

Pemprov Lampung Berikan Bantuan Kepada 5.470 Anak

Ketua TP-PKK Lampung Ny. Aprilani Yustin Ficardo menyerahkan bantuan secara simbolis dari Pemprov Lampung kepada Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) anak di Hotel Marcopolo Bandarlampung, Selasa (6/10) (ist)

Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung memberikan bantuan tabungan uang kepada 5.470 anak penyandang masalah kesejahteraan sosial dalam peringatan "One Day For Children".

"Masing-masing sebesar satu juta rupiah," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Satria Alam di Bandarlampung, Selasa.

Selain itu, acara dengan tema "Aku Ingin Menjadi Bintang Seperti Mereka" ini juga memberikan paket bantuan kepada anak-anak yang termarginalkan sebanyak 400 paket berupa baju dan buku perlengkapan sekolah.

Dalam acara yang diikuti oleh kurang lebih 500 anak dari berbagai sekolah dan panti sosial itu, sekaligus diluncurkan program Gerakan Peduli Anak yang merupakan kerja sama antara Pemerintah Provinsi Lampung dengan Kementrian Sosial RI.

Program itu sebagai upaya menyusun prosedur operasional standar pelayanan anak yang meliputi upaya-upaya pencegahan dan penanganan kasus anak sehingga dalam pelaksanaanya akan melembaga sampai ke tingkat dasar.

Untuk tingkat desa/kelurahan melalui Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), di tingkat kecamatan oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), di tingkat kabupaten/kota oleh Satuan Bakti Pekerja Sosial bekerja sama dengan Dinas Sosial, sedangkan di tingkat Provinsi melalui Tim Pusat Dukungan Anak dan Keluarga (PDAK) dan Unit Pelayanan Program Kesejahteraan Sosial Anak (UPPKSA).

"Program ini diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan kepedulian sesama dan keikutsertaan masyarakat terhadap permasalahan dan perlindungan sosial anak dan meningkatnya volume penanganan kasus anak secara profesional," kata Satria Alam.

Ia mengatakan penyelenggaraan "One Day For Children" merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemprov Lampung untuk membangun komitmen dalam melaksanakan agenda-agenda strategis yang berkaitan dengan upaya edukasi dan pemenuhan kesadaran masyarakat guna mencapai partisipasi yang optimal untuk kepentingan terbaik anak.