BBM bisa diturunkan Rp1.000/liter

id bbm diturunkan rp1.000, bbm bisa turun rp1.000

...Yang pasti akan meningkatkan konsumsi sekaligus pertumbuhan ekonomi...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Pemerintah dapat menurunkan harga bahan bakar minyak sebesar Rp1.000 per liter dengan memperhitungkan harga minyak mentah dan nilai tukar rupiah, kata Pengamat Perminyakan Kurtubi.

"Dengan posisi harga minyak mentah 50 dolar/bbls, dengan nilai kurs rupiah Rp15.000/dolar, BPP BBM menjadi sekitar Rp6.600/ltr. Ada ruang untuk menurunkan harga BBM sebesar Rp1.000 per liter," kata Kurtubi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Seiring dengan terus anjloknya harga minyak mentah dunia, anggota Komisi VII DPR itu mengatakan pemerintah dapat menurunkan harga BBM.

Menurut Kurtubi, penurunan harga BBM dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional karena akan meningkatkan daya beli masyarakat di tengah kelesuan ekonomi dunia seperti sekarang.

"Yang pasti akan meningkatkan konsumsi sekaligus pertumbuhan ekonomi. Lebih penting lagi karena saat ini belanja dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), serta government spending pemerintah sudah mulai cair," kata dia.

Selain BBM, dia mengusulkan harga gas dan tarif listrik juga turun karena batu bara untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan BBM untuk Pembangkit Tenaga Listrik Tenaga Diesel (PLTD) juga sudah lama turun.

Jika hal tersebut dilakukan maka industri akan tumbuh lebih bagus dan dapat menciptakan lapangan kerja baru sehingga diharapkan pertumbuhan ekonomi triwulan I 2016 sudah bisa di atas lima persen.

Sementara itu, Ketua BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) bidang SDA, Energi dan Lingkungan Hidup Andhika Anindyaguna mengatakan mendukung pemerintah menurunkan harga BBM dengan catatan pemerintah juga mendorong penggunaan bahan bakar lain.(Ant)