BPBD Lamsel Bangun Tiga Unit Pos Pemadam Kebakaran

id Pemadam Kebakaran Lamsel, Damkar Lamsel

Kalianda, Lampung (5/10) - Badan Penanggulangan Bencana Daearah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan membangun tiga unit pos pemadam untuk mengantisipasi terjadi kebakaran di daerah ini.

"Dalam waktu dekat kami memproyeksikan membangun tiga pos unit pemadam kebakaran agar penanganan dapat segera dilakukan jika ada musibah kebakaran," kata Kepala BPBD Lampung Selatan (Lamsel), M Darmawan, di Kalianda, Senin (5/10).

Nantinya, lanjut dia, pos tersebut juga akan dilengkapi satu unit mobil pemadam kebakaran yang akan segera diusulkan penambahannya.

"Pos damkar akan dibangun di Kecamatan Katibung, Ketapang, dan Tanjungbintang, mudah-mudahan segera terealisasi," kata dia lagi.

Saat ini, ujarnya pula, Lampung Selatan hanya memiliki lima unit mobil damkar untuk melayani 17 kecamatan, sehingga masih kurang untuk menangani jika terjadi musibah kebakaran.

"Idealnya memiliki 17 mobil damkar yang bersiaga di masing-masing kecamatan karena wilayah Lamsel sangat luas," ujar dia.
 
Darmawan menambahkan, saat kemarau ini potensi kebakaran sangat tinggi, sehingga pihaknya perlu siaga di sejumlah wilayah kecamatan setempat berkordinasi dengan masyarakat.

"Masyarakat hendaknya berhati-hati dan waspada saat kemarau karena potensi terjadi musibah kebakaran sangat tinggi," kata dia.