TNI Siap Kawal Pilkada di Lampung

id TNI Kawal Pilkada Lampung, Pilkada Lampung, Korem Garuda Hitam

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Komandan Komando Resor Militer 043/Garuda Hitam Lampung, Kolonel Inf Joko Putranto menegaskan siap untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak pada delapan kabupaten dan kota se-Provinsi Lampung pada 9 Desember 2015.

"Kami siap untuk ikut mengamankan terlaksana pilkada serentak di daerah ini, TNI hadir karena rakyat," ujarnya, usai peringatan HUT ke-70 TNI, di Bandarlampung, Senin (5/10).

Menurut dia, TNI kuat bersama rakyat, bukan semata-mata karena TNI lahir dari rakyat. Lebih dari itu, ia melanjutkan, memang untuk rakyatlah TNI ada.

Ia juga menyebutkan telah menyiapkan jajarannya untuk ikut memberikan kenyamanan dan keamanan serta bekerja sama dengan pihak Polda Lampung.

"Masing masing jajaran di Kodim se-Lampung sudah siap untuk mengamankan pelaksanaan pilkada serentak pada 9 Desember mendatang," ujarnya pula.

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo dalam kesempatan ini, menekankan agar TNI bisa mengamankan pelaksanaan pilkada serentak dan juga bisa menjaga netralitas di dalam tubuh TNI, sehingga pilkada bisa berlangsung aman dan damai.

"Saya harapkan TNI bisa benar-benar mengamankan pelaksanaannya, dan jangan sampai TNI malah ikut memihak, TNI harus menjaga netralitasnya," ujar Gubernur Ridho.

Dengan adanya Babinsa dan Babhinkamtibmas, ia melanjutkan, TNI-Polri pastilah sudah mempunyai data dan informasi lebih dulu bilamana akan terjadi kerusuhan.

Karena itu, Ridho mendukung sepenuhnya agar TNI bisa benar-benar dekat dengan rakyat, bahkan menjadi panutan di tengah masyarakat.

Gubernur Ridho juga memuji berbagai kegiatan TNI yang melibatkan masyarakat luas, seperti acara lari 10 kilometer yang diadakan Korem 043/Garuda Hitam Lampung.

Pada upacara HUT ke-70 TNI diserahkan pula penganugerahan tanda penghargaan anugerah Satya Lencana Kesetiaan dari Presiden RI kepada prajurit TNI.

Penghargaan tersebut diserahkan kepada Praka Aditya Arif Setiawan dari Lanud Astra Ksetra (8 tahun), Serma Panca Arum Taruna dari Lanal Lampung (16 tahun), dan Lettu Infanteri Gunawan dari Korem/043 Gatam (24 tahun).

Atraksi-atraksi disajikan pada HUT TNI kali ini, antara lain bela diri marinir dari prajurit Brigif 3 Marinir, demonstrasi sosiodrama oleh Teater Satu Lampung yang bergabung dengan prajurit dan istri prajurit TNI.

Ditampilkan pula tarian kolosal oleh para istri prajurit TNI, dan bela diri militer Young Moodo oleh prajurit Batalion Infanteri 143 Tri Wira Eka Jaya.