Lima gol Aguero bawa City puncaki klasemen

id aguero lima gol, liga inggris, puncaki klasemen

Lima gol Aguero bawa City puncaki klasemen

Bintang Manchester City Serio Aguero dipeluk rekannya setelah mencetak gol ke gawang Newcastle dalam laga Liga Utama Inggris di Etihad Stadium, Sabtu (3/10/15). Aguero mencetak lima gol dalam kemenangan 6-1 City itu. (premiereleague.com)

London (Antara/AFP/ANTARA Lampung) - Sergio Aguero mengemas lima gol dalam rentang waktu 20 menit ketika Manchester City menghancurkan Newcastle United dengan skor 6-1 pada Sabtu, untuk kembali menduduki posisi puncak klasemen Liga Utama Inggris.

Namun pelatih Chelsea Jose Mourinho kembali melihat timnya terpuruk saat mereka kalah 1-3 dari tamunya Southampton, yang membuat sang juara bertahan tertinggal sepuluh angka dari puncak klasemen dan menghuni peringkat ke-16.

City kalah pada dua pertandingan liga mereka sebelumnya dan tertinggal pada menit ke-18, ketika tandukan Aleksandar Mitrovic berbuah gol, namun Aguero menyamakan kedudukan pada menit ke-42 sebelum kemudian membukukan empat gol tambahan.

Kevin De Bruyne juga mencetak gol, serta berperan dalam dua gol Aguero, ketika pasukan Manuel Pellegrini untuk sementara unggul dua angka bersih di puncak klasemen atas Manchester United, yang mengunjungi markas Arsenal pada Minggu.

"Sergio Aguero berbeda," kata Pellegrini. "Pada pertandingan-pertandingan lain mungkin ia memiliki banyak peluang, namun tidak mencetak gol. Hari ini ia kembali untuk mendapatkan jumlah peluang yang sama (banyaknya), namun kali ini ia mencetak gol." Aguero (27) menjadi pemain kelima yang mencetak lima gol di kompetisi tertinggi Inggris sejak Liga Utama Inggris diluncurkan pada 1992 setelah Andrew Cole, Alan Shearer, Jermain Defoe, dan Dimitar Berbatov.

Namun keputusan Pellegrini untuk menariknya pada menit ke-64 menggagalkan pemain Argentina itu untuk mengukir rekor baru, di mana sang pelatih City mengungkapkan bahwa Aguero memerlukan perawatan pada otot paha belakangnya saat turun minum.

Mitrovic membuka rekening golnya di Newcastle dengan tandukan dari umpan silang Georginio Wijnaldum, namun dari sana pertandingan di Stadion Etihad menjadi milik Aguero.

Ia membukukan gol penyama kedudukan, membaw City unggul pada awal babak kedua melalui tembakan yang terdefleksi dan melepaskan tembakan melewati Tim Krul untuk melengkapi trigolnya, sebelum De Bruyne mencetak gol melalui sepakan voli dari umpan silang Jesus Navas.

Gol kelima Aguero, pada menit ke-60, dibukukannya dari tembakan melengkung ke sudut bawah kanan dari tepi kotak penalti dan lima menit kemudian ia mengemas gol kelima setelah menyambar umpan silang mendatar De Bruyne.

"Sangat gembira dengan lima gol dan kemenangan," kata Aguero melalui akun Twitternya. "Terima kasih untuk semua keberanian dan dukungan. Ayo City!" Elakan Advocaat Bertekad untuk bangkit dari kekalahan mereka dari Porto di Liga Champions, Chelsea kembali memainkan kapten John Terry dan unggul terlebih dahulu pada menit kesepuluh ketika Willian melepaskan tendangan bebas menuju sudut kanan atas dari sisi kiri.

Namun Steven Davis melesakkan gol penyama kedudukan pada menit ke-43 dari sodoran Graziano Pelle, sebelum intervensi yang tidak sukses dari Terry membuat Sadio Mane dapat melaju dan membawa Southampton berbalik unggul pada menit ke-60.

Setelah Radamel Falcao mendapat kartu kuning karena berpura-pura terjatuh di kotak penalti Chelsea, Pelle menambahi gol ketiga untuk timnya pada menit ke-72, mendapat operan dari Mane dan melesakkan tembakan menuju sudut kiri bawah gawang.

Ini merupakan pertama kalinya Mourinho melihat tim tamu mencetak lebih dari dua gol di Stamford Bridge di liga, dan itu mengunci kekalahan keempat Chelsea pada musim ini -- start terburuk mereka dalam 37 tahun.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Crystal Palace naik ke peringkat ketiga setelah mereka menang 2-0 atas West Bromwich Albion, di mana Yohan Cabaye menyodorkan umpan untuk diselesaikan Yannick Bolasie menjadi gol pembukaan pada menit ke-68, dan kemudian menyarangkan penalti.

Leicester City kembali ke empat besar setelah menang 2-1 di markas Norwich City berkat gol sumbangan Jamie Vardy, yang mencatatkan gol ketujuhnya musim ini dari titik penalti, dan Jeff Schlupp.

West Ham United tergelincir ke peringkat kelima menyusul hasil imbang 2-2 di markas tim peringkat kedua dari bawah Sunderland, yang pelatihnya Dick Advocaat, dilaporkan berada di ambang pemecatan.

Steven Fletcher dan Jeremain Lens, yang mencetak gol melalui sepakan cungkil berkelas, membawa Sunderland unggul 2-0, namun Lens kemudian diusir keluar lapangan karena telah mendapatkan dua kartu kuning dan gol-gol dari Carl Jenkinson dan Dimitri Payet membuat West Ham mendapatkan satu angka.

Ditekan mengenai posisinya setelah pertandingan, Advocaat berkata, "Saya tidak ingin memberikan jawaban. Hari ini saya merupakan pelatih. Apa yang akan terjadi pada pekan-pekan mendatang, saya tidak dapat mengatakannya." Debutan penuh Glenn Murray mencetak gol namun kemudian menyia-nyiakan penalti ketika Bournemouh ditahan imbang 1-1 oleh sesama tim promosi Watford, di mana Odion Ighalo membukukan gol untuk kelima kalinya musim ini.

Sementara itu, Marko Arnautovic membawa Stoke City menang 1-0 di markas Aston Villa.