Pemkab Lamtim Perlu Beri Penguatan Petani Jahe

id Pemkab Lamtim, Penguatan Petani Jahe

Pemkab Lamtim Perlu Beri Penguatan Petani Jahe

Anang Prihantoro, aggota DPD RI dari Provinsi Lampung saat berdialog dengan kelompok tani wanita di Dusun 12 Desa Sribhawono Kecamatan Bandar Sribhawono, Kabupaten Lampung Timur, Jumat (2/10) ((FOTO ANTARA Lampung/Muklasin)

Sukadana, Lampung (ANTARA Lampung) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah RI dari Provinsi Lampung Anang Prihantoro meminta jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Timur untuk mendorong penguatan perekonomian rakyat para petani jahe di daerah setempat.

"Mestinya perhatian kita pada fondasi perekonomian rakyat, bukan perekonomian konglomerasi dan neoliberal. Kalau rakyat tidak tumbuh dan tidak bergerak pada perekonomian rakyat yang kuat, maka republik ini bisa macet," ujar Anang, di Labuhanratu, Lampung Timur, Sabtu.

Berkaitan upaya mendorong penguatan ekonomi para petani jahe di Lampung Timur itu, Anang sempat berdialog dan menyampaikan prospek budidaya jahe dan penguatan perekonomian rakyat dengan kemitraan kepada para petani jahe Lampung Timur di Kecamatan Labuhanratu, Jumat (2/10).

Dia mencontohkan, dengan mendorong petani jahe tumbuh dan kemudian menjadikan perekonomian warga setempat makin kuat, maka akan menghidupkan usaha kecil dan menengah masyarakat setempat.

Tapi sayangnya, ujar Anang, selama ini masih kurang perhatian semua pihak kepada para petani agar berproduksi lebih baik dan lebih banyak lagi penyebab kelemahan ekonomi rakyat.

"Kalau semua pihak mendorong, tidak ada ceritanya kemiskinan, tidak ada ceritanya kelaparan di republik ini, pengelolaan dan manajemen yang baik diperlukan saat ini oleh semua pihak," katanya lagi.

Kepada para petani jahe Lampung Timur itu, Anang meminta agar dapat menjalin kemitraan dengan pemerintah, dunia usaha dan perbankan dalam membudidayakan tanaman jahenya dengan membangun dan memperhatikan prinsip kesetaraan, saling percaya, tanggung jawab dan saling menguntungkan.

Selain memberikan materi ekonomi kerakyatan kepada para petani jahe, anggota DPD RI ini yang membidangi pertanian dan perkebunan itu, juga memberikan pengarahan kepada kelompok wanita di Dusun 12 Desa Sribhawono Kecamatan Bandar Sribhawono, agar mengolah hasil pertanian setempat menjadi komoditas bernilai ekonomis tinggi.