Syukurlah, Ekonomi Lampung Tumbuh Positif

id Ekonomi Lampung Tumbuh Positif, Pertumbuhan Ekonomi Lampung, Ekonomi Lampung

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung menyebutkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung diperkirakan tumbuh positif pada triwulan III 2015.

"Berdasarkan berbagai indikator ekonomi terakhir serta hasil survei mengindikasikan ekonomi Provinsi Lampung dapat tumbuh meningkat dengan perkiraan sebesar 5,0--5,4 persen," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung, M Emil Akbar, di Bandarlampung, Selasa (29/9).

Ia menyebutkan, konsumsi rumah tangga dan investasi diperkirakan masih tetap tumbuh tinggi. Konsumsi diperkirakan naik dan investasi diperkirakan tumbuh tetap tinggi.

Selain itu, lanjutnya, ekspor-impor diperkirakan mengalami perlambatan. Secara sektoral, pertumbuhan ekonomi di dorong oleh meningkatnya kinerja sektor pertanian dan perdagangan.

Menurut Emil, sektor industri pengolahan diperkirakan melambat.

"Pertumbuhan ekonomi Lampung pada tahun ini tumbuh positif yang diperkirakan 5,1--5,5 persen atau naik dibandingkan tahun sebelumnya," kata dia.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung itu menjelaskan berdasarkan hasil survei kegiatan dunia usaha, pengusaha memperkirakan kondisi situasi bisnis perusahaan dan kegiatan dunia usaha lebih baik dibandingkan triwulan sebelumnya.

Hasil survei mengkonfirmasikan konsumsi rumah tangga masih berada di level tinggi di triwulan III 2015, hal ini terindikasi dari hasil survei tendensi konsumen di Lampung yang memperlihatkan kenaikan optimisme konsumen terutama pada komponen pendapatan rumha tangga.

Pada triwulan III 2015 diperkirakan ekspor luar negeri naik terutama untuk ekspor nonkomoditas. Adanya perbaikan perekonomian dunia diperkirakan dapat mendorong peningkatan ekspor luar negeri.

"Ekonomi global saat ini diperkirakan terus membaik meski tidak secepat yang diperkirakan," ujar Emil.