Siapa Bunuh Gajah "Yongki" di TNBBS?

id Gajah Mati, Gajah TNBBS Mati, Gajah Mati di TNBBS, Gajah Yongki, Gajah Patroli

Siapa Bunuh Gajah "Yongki" di TNBBS?

Inilah gajah Yongki saat masih hidup. Gajah jinak untuk patroli ini kedapatan mati dan gadingnya yang panjang itu sudah hilang dipotong pelaku diduga kawanan pemburu liar. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist/Dok. Edi Sabarudin)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pihak berwenang sedang mengusut kasus kematian gajah "Yongki", salah satu gajah patroli di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) yang sudah sekitar enam tahun menjalankan tugas menghalau konflik gajah di wilayah Pemerihan Kecamatan Bengkunat Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung.

Menurut informasi, gajah Yongki (15) yang merupakan gajah jinak anggota Elephant Patrol TNBBS itu ditemukan mati, dengan bagian depan tubuhnya sudah tanpa gading lagi pada Jumat (18/9) pagi. Diperkirakan gajah yang berasal dari Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur ini, dibunuh pada Kamis (17/9) hingga Jumat dini hari oleh kawanan pemburu satwa liar yang diperkirakan berkeliaran di sekitar TNBBS.

Selama ini, Yongki didatangkan dari TNWK dan sudah enam tahun menjalankan tugas penghalau konflik gajah di wilayah Pemerihan Kecamatan Bengkunat areal sekitar hutan TNBBS.

Sejumlah staf Worldwide Fund for Nature (WWF) Indonesia Lampung dan Balai TNBBS-TNWK menyatakan prihatin dan berduka atas nasib tragis dialami gajah Yongki itu.

"Selamat Jalan Yongki dan semoga pelaku pembunuhan segera diketahui," ujar Edi Sabarudin, salah satu staf rumah tangga dan lapangan WWF Indonesia Lampung.

Diduga gajah Yongki telah dibunuh oleh kawanan pemburu liar yang memang mengincar gadingnya, sehingga sudah tak ada lagi. Kematian gajah Yongki baru diketahui Jumat pagi harinya, setelah pada malam sebelumnya diketahui masih ada di lokasi camp patroli gajah di Bengkunat itu.

Diperkirakan para pelakunya sudah merencanakan aksi itu dengan matang, sehingga ulah mereka tidak diketahui petugas TNBBS maupun pihak terkait di sana, padagal gajah ini berada di dekat camp.

Para aktivis lingkungan di Lampung berharap pelaku segera diusut dan ditangkap, sehingga dapat segera diproses hukum sebagaimana mestinya.

Belum diperoleh konfirmasi dari pihak Balai TNBBS atau pimpinan WWF Indonesia di Lampung, atas kematian gajah Yongki itu.

Menurut informasi di lapangan, untuk sementara ini, bangkai gajah Yongki itu masih tetap berada di lokasi dia terbunuh, karena msih dilakukan identifikasi dan otopsi oleh tim medis yang diperbantukan dari TNWK.