Festival Kopi Liwa Pecahkan Rekor MURI

id Festival Kopi Liwa, Pecahkan Rekor MURI, lampung barat

Festival Kopi Liwa Pecahkan Rekor MURI

Ribuan masyarakat Lampung Barat memeriahkan kegiatan Festival Kopi Liwa dengan menyangrai kopi secara bersamaan di seribu tungku di Pekon Semarang Jaya Air Hitam, Lampung Barat, Rabu (16/9) (FOTO ANTARA Lampung/Agus Setyawan)

Penyangraian kopi ini berhasil mengalahkan rekor sebelumnya dari Kabupaten Tabanan Provinsi Bali. Saat itu mereka berhasil dengan sebanyak 735 peserta
Lampung Barat  (ANTARA Lampung) - Festival Kopi Liwa di Kabupaten Lampung Barat yang menyuguhkan kegiatan menyangrai kopi seribu tungku berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia dengan total peserta 1.049 orang.

"Penyangraian kopi ini berhasil mengalahkan rekor sebelumnya dari Kabupaten Tabanan Provinsi Bali. Saat itu mereka berhasil dengan sebanyak 735 peserta," kata Manajer MURI, Awan Rahargo, di Pekon Semarang Jaya Air Hitam, Lampung Barat, Rabu.

Menurutnya, Festival Kopi Liwa ini didaftarkan sebanyak seribu orang, namun pada realisasinya terdata 1.049 peserta.

Jadi, ia melanjutkan, ada kelebihan sebanyak 49 orang dalam catatan tim MURI.

"Kegiatan ini dengan kriteria superlatif, dinilai dari banyak peserta," kata dia lagi.

Dalam kegiatan menyangrai seribu tungku itu, kata dia, berhasil memecahkan rekor MURI yang telah diciptakan tahun 2014 lalu.

"Saya berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan, sehingga semakin banyak yang dapat dicatat di buku rekor," kata dia pula.

Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian acara untuk memeriahkan HUT ke-24 Kabupaten Lampung Barat.

"Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk informasi bahwa Lampung Barat menjadi penghasil kopi terbesar di Lampung," kata dia lagi.

Karena itu, dia mengharapkan para petani kopi setempat dapat terus meningkatkan hasil produksi tanpa memperluas areal tanamnya.

Berdasarkan data sebanyak 80 persen penduduk Lampung Barat merupakan petani/pekebun kopi, dengan luas lahan kebun kopi 53.600 hektare.