Presiden Jokowi dijadwalkan bertemu Raja Arab Saudi

id presiden jokowi aceh, arab saudi, king abdulaziz

 Presiden Jokowi dijadwalkan bertemu Raja Arab Saudi

Presiden Jokowi sempat transit di Aceh, saat dalam perjalanan menuju Jeddah, Jumat (11/9). (Antara/Ampelsa)

Jeddah (ANTARA Lampung) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bertemu Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz dalam kunjungan kenegaraan di negara itu.

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Raja Salman dijadwalkan berlangsung Sabtu (12/9).

Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Jeddah pada pukul 18.00 waktu setempat atau pukul 22.00 WIB di Bandara King Abdulaziz Jeddah.

Semula Presiden akan sambut dengan upacara penghormatan kenegaraan oleh Raja Salman bin Abdulaziz namun karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan yaitu adanya hembusan angin kencang disertai dengan terpaan pasir yang cukup besar maka upacara yang telah dijadwalkan kemudian dibatalkan.

Presiden Jokowi dan rombongan kemudian langsung menuju tempat menginap selama berada di Jeddah.

Tujuan kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi ke Arab Saudi selain membicarakan mengenai hubungan kerja sama ekonomi dan energi, juga membicarakan mengenai perlindungan warga negara Indonesia di luar negeri.

Arab Saudi merupakan mitra dagang terbesar Indonesia di kawasan Timur Tengah.

Nilai perdagangan Indonesia dan Arab Saudi pada tahun 2014 mencapai 8,6 miliar dolar AS dengan nilai investasi di Indonesia mencapai 29,3 juta dolar AS di paruh pertama 2015.

Mendampingi Presiden Jokowi adalah Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Utusan Khusus Presiden untuk Timur Tengah Alwi Shihab.