PT PNM Kembangkan Industri Kreatif Rumah Tangga

id pnm lampung, umkm, pku

PT PNM Kembangkan Industri Kreatif Rumah Tangga

Nasabah PT PNM UlaMM Bandarlampung (FOTO Antara Lampung/Agus Setyawan)

Kami akan terus memberikan pelatihan pengembangan kapasitas usaha atau PKU bagi para nasabah yang merupakan pengusaha kecil atau skala rumah tangga, untuk menopang pengembangan usaha mereka
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) secara kontinu terus berupaya mengembangkan kreativitas pelaku industri rumah tangga di Provinsi Lampung agar dapat berkembang dan makin maju.

Lembaga keuangan non-bank milik negara yang bergerak di bidang pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ini, menegaskan terus konsisten membantu memberikan keahlian baru untuk UMKM agar dapat tangkas dan cerdik dalam mengembangkan usahanya, kata Pimpinan PT PNM Cabang Lampung, Hersam Sudarisman, di Bandarlampung, Minggu.

"Kami akan terus memberikan pelatihan pengembangan kapasitas usaha atau PKU bagi para nasabah yang merupakan pengusaha kecil atau skala rumah tangga, untuk menopang pengembangan usaha mereka," katanya pula.

Menurutnya, kegiatan PKU bagi para nasabah Ulamm ini akan terus dilakukan, dan bulan September ini sebanyak dilaksanakan empat kali pada empat lokasi berbeda, yakni Bandarlampung, Pringsewu, Metro, dan Lampung Selatan/Natar.

"Semakin ketat persaingan di pasar UMKM, maka dirasakan perlu bagi pelaku usaha dibekali kreativitas yang cukup untuk mendukung pengembangan usaha yang dijalankan," kata dia.

Di Bandarlampung, ia melanjutkan, pada Sabtu (5/9) telah dilaksanakan PKU yang mengangkat tema "Temu UMKM sebagai Sarana Membangun Produk yang Kreatif."

"Dalam pertemuan itu diharapkan para pelaku usaha mampu berbagi cerita dan pengalaman tentang usaha-usaha yang telah mereka jalankan, sehingga dapat mengembangkan kreativitas masing-masing nasabah tersebut," ujarnya pula.

Ia melanjutkan, kalangan pelaku UMKM masih perlu didorong sisi kreativitasnya, sehingga pihak perusahaan berupaya membantu dengan terus melaksanakan kegiatan PKU itu.

Menurut dia, ditargetkan para pelaku usaha dapat menjadi wirausahawan yang kreatif dalam berinovasi menciptakan terobosan baru pada usahanya serta menjadi produk unggul di pasar.

Eksekutif Vice President PT PNM (Persero) Arief Mulyadi melalui penjelasan tertulisnya mengatakan, selain menjalankan bisnis utama di sektor pembiayaan mikro, perusahaan juga giat melaksanakan program PKU dan penyedia jasa manajemen bagi para pelaku UMKM.

Ia menyebutkan, permasalahan modal kerja, minimnya teknologi serta akses pasar yang terbatas merupakan hambatan para pelaku usaha untuk mengembangkan kapasitasnya.

Hal tersebut yang melandasi pelaksanaan PKU agar berlangsung secara kontinu di seluruh unit layanan PT PNM termasuk Provinsi Lampung.

PT PNM Lampung merealisasikan pembiayaan yang mengalami peningkatan sebesar 5,41 persen untuk total penyaluran Juli 2014 hingga Juli 2015 atau meningkat sebanyak Rp66,315 miliar menjadi Rp69,902 miliar dengan jumlah penerima manfaat 1.886 nasabah.