67 paket senilai Rp400 miliar belum terlelang

id 67 paket belum terlelang, 67 proyek bina marga

...Ini uangnya harus kita ambil dari rencana itu untuk kita jadikan ke paket lain saja," katanya...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Ada 67 paket proyek senilai Rp400 miliar di Ditjen Bina Marga yang belum terlelang yang anggarannya adapat dialokasikan ke proyek lainnya, kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hediyanto.

"Ternyata masih ada yang belum lelang Rp400 miliar. Ini uangnya harus kita ambil dari rencana itu untuk kita jadikan ke paket lain saja," katanya di sela-sela Rapat Kerja Kementerian PUPR 2015 yang membahas tema "Percepatan Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2015 dan Persiapan Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2016", di Ruang Serbaguna Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (3/9).

Ia mengatakan paket-paket yang belum terlelang tersebut adalah paket-paket pembangunan yang masih terkendala antara lain karena desain yang belum selesai, kendala dengan hutan lindung atau permasalahan tanah.

"Jadi, ada Rp400 miliar ini nilainya kira-kira satu persen. Kalau Bina Marga satu persen itu Rp400 miliar. Walaupun satu persen, besar artinya," ujarnya.

Karena itu, ia mengatakan nilai dari proyek itu dapat dipindahkan ke paket lainnya yang memerlukan dana lebih banyak sementara paket tersebut belum bisa jalan karena lelangnya belum mulai.

"Kalau saya bisa pindahkan ke paket lain bisa sampai 100 persen, proyek multiyears misalnya, proyek jembatan yang multiyears bisa menyerap lebih banyak," katanya.

Ia mengatakan nilai paket lelang itu dapat dialihkan untuk menstimulus proyek lainnya seperti proyek pembangunan jembatan atau pembuatan jalan baru di Papua.(Ant)