Wali Kota Bandarlampung Minta Pengaktifan Kembali Siskamling

id wali kota bandarlampung, herman hn, galakan lagi siskamling

Wali Kota Bandarlampung Minta Pengaktifan Kembali Siskamling

Wali Kota Bandarlampung, Herman HN (bandarlampungkota.go.id)

Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Wali Kota Bandarlampung, Herman HN meminta Sistem Keamanan Lingkungan dengan ronda malam untuk menjamin keamanan di seluruh kecamatan dan kelurahan daerah harus diaktifkan lagi, bahkan ditingkatkan terutama menjelang pelaksanaan pilkada serentak 9 Desember 2015.

"Camat dan lurah harus meningkatkan penjagaan keamanan menjelang pilkada itu, terlebih dalam beberapa hari terakhir tingkat kriminalitas mulai menonjol," kata Wali Kota Herman HN, di Bandarlampung, Selasa (1/9).

Dia mengingatkan, jangan sampai kondisi keamanan di tengah masyarakat mulai berkurang, sehingga Siskamling harus diaktifkan seperti sebelumnya.

Bila perlu, ujar Herman, setiap portal yang dipasang di permukiman warga di kota ini, ada penjaganya sehingga yang keluar masuk wilayah tersebut diketahui maksud dan tujuannya.

"Jangan sampai lengah penjagaannya, tetap waspada setiap melihat hal yang mencurigakan," katanya pula.

Herman mengultimatum kembali jika Program Siskamling tidak aktif, lurah setempat akan dicopot, mengingat lurah bertanggungjawab jangan sampai lingkungan masyarakat menjadi tidak aman.

"Jika Siskamling di kelurahan tersebut tidak aktif akan saya copot lurahnya. Saya minta kepada lurah jangan hanya laporan yang tidak aktif, semua harus aktif," katanya lagi.

Ia menegaskan, kepada camat dan lurah agar memperketat pengawasan terhadap identitas warganya, terutama untuk warga yang tinggal di rumah kontrakan dan indekosan.

Menurutnya, situasi Kota Bandarlampung yang tindak kriminalitasnya sedang meningkat saat ini, perlu kewaspadaan seluruh masyarakat dan jangan hanya mengandalkan aparat keamanan tapi masyarakat harus turut membantu.

"Kalau kemana-mana harus waspada, begitu juga saat berada di rumah. Jika ada tamu yang tidak dikenal, jangan diterima, dan yang terpenting harus selalu waspada," kata Herman lagi.