Pemprov Lampung Segera Ganti Rugi Tol Sumatera

id ganti rugi jalan tol

Pemprov Lampung Segera Ganti Rugi Tol Sumatera

Ketua Tim I Percepatan Pembangunan Jalan Tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Tauhid (ist)

Pencairan dana ganti rugi warga atas lahan tol ditargetkan dapat dilakukan pada pekan kedua September 2015
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung segera membayar ganti rugi lahan warga yang terkena pembangunan jalan tol Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

"Pencairan dana ganti rugi warga atas lahan tol ditargetkan dapat dilakukan pada pekan kedua September 2015," kata Ketua Tim I Percepatan Pembangunan Jalan Tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Tauhidi, di Bandarlampung, Senin.

Ia menyebutkan, Pemerintah Provinsi Lampung terus melakukan upaya negosiasi warga dan pembebasan lahan. Hingga 28 Agustus 2015, proses ganti rugi lahan sudah memasuki tahap penetapan lokasi oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Proses ini menindaklanjuti tahapan pematokan bakal lokasi oleh Pemprov Lampung yang sudah selesai 100 persen.

"Setelah pengukuran dari tim BPN tahapan selanjutnya adalah perhitungan harga jual tanah oleh tim apraisal," jelasnya.

Harga jual yang direkomendasikan dari tim apraisal tersebut akan menjadi patokan dalam penentuan ganti rugi lahan oleh Pemprov Lampung.

"Kami menargetkan, dalam dua minggu ke depan atau sekitar pekan kedua September 2015 pembayaran ganti rugi lahan warga sudah bisa mulai dilakukan," jelasnya.

Pembangunan fisik tol Trans Sumatera saat ini sudah dilakukan sepanjang dua kilometer di lahan milik PTPN 7 di Desa Sabah Balau, Lampung Selatan.

Jalan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar akan memiliki panjang 140,41 kilometer, dengan luas lahan 2.600 hektare.

Jalan tol ini akan melintasi Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, dan Lampung Tengah.

Lahan di 74 desa dalam 16 kecamatan akan dibebaskan untuk keperluan pembangunan jalan bebas hambatan tersebut.